UNSUR-UNSUR PENGEMBANGAN ORGANISASI

  1. Terencana,
  2. Mencakup seluruh organisasi,
  3. Berdampak jangka pancang,
  4. Melibatkan manajemen puncak,
  5. Menggunakan berbagai bentuk intervensi berdasarkan pendekatan keprilakuan.
  1. CIRI-CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI YANG EFEKTIF
  2. Pengembangan Organisasi merupakan suatu strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional. Perubahan dimaksud harus mempunyai sasaran yang jelas dan didasarkan pada suatu diagnosis yang tepat tentang wilayah permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
  3. Pengembangan Organisasi berupa kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena damapak perubahan yang akan terjadi. Artinya, keterlibatan dan partisipasi para anggota organisasi merupakan suatu keharusan mutlak.
  4. Program Pengembangan Organisasi menekankan cara-cara baru yang diperlukan guna meningkatkan kinerja seluruh anggota organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi terlepas dari tipe dan struktur organisasi yang diberlakukan dan digunakan.
  5. Pengembangan Organisasi mengandung nilai-nilai humanistik dalam arti bahwa dalam meningkatkan efektivitas organisasi, pengembangan potensi manusia harus menjadi bagian yang penting.
  6. Pengembangan Organisasi menggunakan pendekatan kesisteman yang berarti selalu memperhitungkan pentingnya interelasi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral dari suatu sistem yang utuh.
  7. Pengembangan Organisasi menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
  1. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN

  2. Tantangan utama di masa depan
  3. Perubahan dalam konfigurasi ketenagakerjaan
  4. Tingkat pendidikan para pekerja
  5. Teknologi
  6. Situasi perekonomian
  7. Berbagai kecenderungan sosial
  8. Faktor geopolitik
  9. Persaingan
  10. Pelestarian lingkungan.

baca juga :