TINGKAH LAKU DI LAPANGAN

 

Para ahli geologi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja di udara terbuka dan pekerjaannya seringkali menuntut dia untuk bekerja di daerah yang relatif jarang dihuni manusia. Karena itu, jika seseorang tidak suka bekerja di udara terbuka, dia tidak akan pernah dapat menjadi seorang ahli geologi yang baik. Karena itu, setiap ahli geologi sedikit banyaknya dipandang memiliki pengertian dan keinginan untuk kelestarian alam serta memiliki simpati tersendiri terhadap wilayah pinggiran dan orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Karena itu, jangan membiarkan pagar terbuka, memanjat dinding batu, menginjak-injak tanaman, atau mengganggu tumbuhan dan binatang. Apabila akan mengumpulkan sampel, jangan lakukan itu pada tempat-tempat dimana fosil atau mineral yang jarang ditemukan berada. Ambillah sebanyak yang kita perlukan. Kita juga harus selalu meminta ijin kepada pemilik atau otoritas yang berwenang sewaktu memasuki suatu wilayah, kecuali apabila kita tahu persis bahwa daerah itu terbuka untuk umum. Sebagian besar pemilik tanah dapat memahami dan mau bekerja sama apabila kita meminta ijin terlebih dahulu kepada mereka, namun sebaliknya mereka dapat menjadi demikian menjengkelkan apabila tahu bahwa ada orang asing yang memasuki wilayahnya dan mengobrak-abrik batuan yang ada di wilayah tersebut. Setiap ahli geologi hendaknya menyadari bahwa, apabila telah dikecewakan suatu saat, pemilik atau pejabat yang berwenang dapat menghambat aktivitas geologi pada tahun-tahun berikutnya. Hal seperti itu sering terjadi di beberapa negara. Beberapa negara memang memiliki banyak tempat dimana setiap orang dapat melakukan banyak hal secara bebas. Walau demikian, hampir setiap negara memiliki tanah dimana para pemiliknya menutut setiap orang yang memasuki wilayahnya meminta ijin terlebih dahulu. Karena itu, apabila Anda merasa ragu, mintalah selalu ijin dari pemilik atau pihak yang berwenang.

 

 

1.3  KESELAMATAN KERJA

 

Untuk dapat bekerja di lapangan, seorang ahli geologi harus sehat karena dia mungkin harus bekerja di bawah cuaca buruk atau di daerah beriklim ekstrim. Pekerjaan lapangan geologi, sebagaimana kegiatan alam bebas lainnya, bukan tidak ber-bahaya. Walau demikian, sebagian besar risiko dapat diminimalisasikan apabila kita mengikuti beberapa aturan sederhana mengenai tingkah laku di lapangan. Kebijaksanaan seringkali menjadi bagian yang lebih baik dari keberanian, katakanlah ketika kita dihadapkan pada suatu singkapan yang terletak pada posisi yang sulit.

 

      Seorang ahli geologi sering harus dapat bekerja mandiri, tanpa ada orang lain yang dapat membantunya ketika dihadapkan pada berbagai kesulitan. Pengalaman merupakan guru terbaik, meskipun hingga tingkat tertentu akal sehat dapat menggantikan peranan pengalaman. Keselamatan kerja lapangan akan dibahas lebih lanjut dalam Lampiran 1.

Sumber :

https://fgth.uk/