Pengertian Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik

Sistem adalah suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur (elemen). Unsur, Komponen, atau bagian yang banyak ini satu sama lain berada dalam keterkaitan yang saling kait mengait dan fungsional. Sedangkan Politik berasal dari kata Polisyang berarti Negara atau kota. Politik dapat diartikan sebagai interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan kebijakan dan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Adapun beberapa ahli yang berpendapat tentang pengertian sistem politik :

  • Menurut Rusadi Kantaprawira(1983:64) sistem politik adalah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dengan berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng.
  • Menurut Sukarna(1990:7) sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengelola bagaimana memperoleh kekuasaan dalam negara, mempertahankan kedudukan kekuasaan dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dengan rakyat atau sebaliknya dan mengatur hubungan negara dengan negara, atau dengan rakyatnya atau dengan cara singkat dapat dikatakan bahwa sistem politik adalah tata cara mengatur negara.
  • Menurut Dahldalam Inu Kencana (2012:5), sistem politik mencakup dua hal yaitu, pola yang tetap dari hubungan antar manusia, kemudian melibatkan sesuatu yang luas tentang kekuasaan, aturan dan kewenangan.

Daripendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa sistem politik adalah cara kerja seperangkat fungsi dalam struktur politik untuk mengatur atau mengelola suatu negara, termasuk pola hubungan antar manusia yang didalamnya melibatkan kekuasaan, aturan dan kewenangan.

Sebagai suatu sistem, sistem politik mempunyai berbagai sub sistem diantaranya sistem kepartaian, sistem pemilihan umum, sistem budaya politik, dan sistem peradaban politik lainnya. Sistem politik-pun bersama dengan sistem lain seperti sistem hukum, sistem administrasi, merupakan sub sistem dari sistem nasional. Oleh karena itu istem politik dalam eksistensinya saling berkaitan, saling berinteraksi dan saling mempengaruhi.

2.2. Sistem Politik Dunia

  1. Demokrasi

Dari sisi bahasa atau sisi etimologi, kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaknidemos yang berarti rakyat atau penduduk setempat, dan crateinatau kratos yang berarti pemerintahan. Jadi secara etimologis demokrasi adalah pemerintahan rakyat, pemerintahan kerakyatan atau pemerintahan rakyat banyak. Ada beberapa pendapat lain mengenai pengertian demokrasi, yakni :

  • Menurut Internasional Commision of Jurits, Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan oleh rakyat dimana kekuasaan tertinggi di tangan rakyat dan di jalankan langsung oleh mereka atau oleh wakil-wakil yang mereka pilih di bawah sistem pemilihan yang bebas. Jadi, yang di utamakan dalam pemerintahan demokrasi adalah rakyat.
  • Menurut Lincolndalam Gantara (2012:120) “democracy is government of the people, by the people, and for the people” atau demokrasi itu adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  • Menurut C.F Strong, Suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintahan akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu.

 

sumber :

https://radiomarconi.com/