Pengertian Diplomasi, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup

Definisi diplomasi

pengertian-diplomasi

Dalam Kamus Pelajar Tingkat Lanjut Bahasa Inggris Saat Ini, definisi diplomasi adalah kemampuan untuk membuat pengaturan yang cerdas dengan orang-orang agar mereka tetap ramah dan membantu (keterampilan dalam berurusan dengan orang lain agar mereka tetap ramah dan bersedia membantu). Definisi diplomasi lainnya adalah:

  • Diplomasi merupakan suatu cara negosiasi untuk mencapai tujuan yang dicapai oleh diplomat yang mewakili suatu negara atau organisasi.
  • Diplomasi adalah cara menyampaikan pesan dengan tujuan melalui pembicara dalam negosiasi khusus.
  • Secara umum istilah diplomasi selalu mengacu pada hubungan internasional yang memperhatikan segala macam kebutuhan suatu negara, serta kebutuhan organisasi seperti ekonomi, perdagangan, budaya, perdamaian, dll. Untuk memahami pentingnya diplomasi maka pengertian dari diplomasi yang dikemukakan oleh para ahli juga dijelaskan:

Pengertian diplomasi menurut para ahli

Di bawah ini adalah definisi diplomasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut:

Ellis Briggs

Diplomasi adalah setiap kegiatan atau kegiatan bisnis resmi di mana seseorang ditempatkan untuk mewakili pemerintah. Tujuan diplomasi ini adalah untuk mencapai kesepakatan di bidang kebijakan.

Geoffrey McDermott

Diplomasi menjadi salah satu pertimbangan dalam mengelola hubungan internasional. Setiap negara, terlepas dari kaliber dan ukurannya, selalu ingin mempertahankan atau mengembangkan posisinya di kancah internasional. Memang begitu, meski akan lebih baik jika ada negara yang kurang berpikiran nasional di dunia ini.

READ  Pengertian Aksiologi, Aspek, Fungsi, dan Contoh

kamus Besar Bahasa Indonesia

Diplomasi adalah tentang mengatur hubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Ini juga dapat diartikan sebagai masalah kepentingan satu negara oleh perwakilan di negara lain.

Suwardi Wiriaatmadja (1970)

Dalam diplomasi terdapat prosedur hubungan antar negara yang bersifat netral dan juga tergantung pada keterampilan dan kemampuan yang melaksanakannya.

David W. Ziegler (1984)

Diplomasi adalah mesin atau instrumen politik luar negeri suatu negara. Pentingnya diplomasi ini sangat penting untuk komunikasi negara-negara lain di dunia guna menjaga perdamaian dunia. Karena itu adalah faktor meletusnya suatu perang (war) adalah karena kurangnya komunikasi antar negara yang bertikai, misalnya dalam kasus perang dunia.

Fungsi diplomasi

Sebagaimana dikemukakan oleh Norman dan Howard Parkins (1957), fungsi diplomasi adalah sebagai berikut:

  • presentasi
    adalah orang-orang yang mewakili negara asalnya pada saat melakukan perundingan, dsb. dengan mencantumkan nama negara asalnya.
  • perundingan
    adalah orang yang bernegosiasi dengan negara lain tentang masalah negara asal.
  • pelaporan
    adalah perlindungan kepentingan bangsa dan warganya di luar negeri atau penjabaran dari perlindungan negara dan warganya di luar negeri.

Tujuan diplomasi

Tujuan diplomasi adalah untuk dapat mencapai tujuan hubungan internasional seperti perdamaian, perdagangan dan ekonomi. Menurut S L Roy (1991), tujuan diplomasi ini antara lain:

  • Tujuan politik
    Ini terkait dengan kebebasan politik dan integritas teritorialnya. Dalam konteks Indonesia membela kemerdekaan yang diperolehnya sekaligus melindungi kedaulatan wilayah Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
  • Tujuan ekonomi
    Ini terkait dengan perkembangan ekonomi.
  • Tujuan budaya
    Hal ini terkait dengan pelestarian dan pengenalan budaya bangsa di dunia internasional.
  • Tujuan idiologi
    Hal ini terkait dengan menjaga keyakinan, dan juga keyakinan yang diyakini suatu bangsa dalam konteks Indonesia adalah pancasila.
READ  Tahapan dari daur hidup suatu sistem

Singkatnya, tujuan negara atau organisasi dalam melakukan diplomasi antara lain:

  • Untuk perlindungan dan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di luar negeri sehingga terjamin keamanannya.
  • Untuk dapat melindungi kepentingan negara itu sendiri agar tidak dirugikan dalam politik luar negeri.
  • Untuk menyampaikan informasi yang berguna serta informasi yang berguna kepada komunitas internasional.
  • Menjaga dan memelihara hubungan baik dengan negara atau organisasi lain.
  • Untuk menunjukkan eksistensi bangsa serta negaranya sendiri di tingkat internasional.
  • Untuk tujuan ekonomi yang ingin dicapai suatu negara.

Ruang lingkup diplomasi

Diplomasi ini erat kaitannya dengan kegiatan atau kegiatan politik luar negeri atau juga hubungan internasional dengan negara lain. Secara umum hubungan internasional ini diwakili oleh seorang diplomat yang bertujuan untuk membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan kepentingan negara yang bekerja sama.

Dengan diplomasi ini perbedaan dan masalah dapat diselesaikan dan kepentingan negara juga dapat dijamin melalui negosiasi. Jika negosiasi gagal, konflik antar negara bisa muncul.

Demikian penjelasannya, semoga dapat bermanfaat bagi anda

Sumber :