Pengertian Bahasa, Fungsi, Manfaat, Menurut Para Ahli

Definisi bahasa

pengertian-bahasa

Secara umum pengertian bahasa ini adalah alat komunikasi milik manusia yang berupa sistem simbol suara yang berasal dari alat bicara atau mulut manusia.

Ada pula penjelasan bahwa yang dimaksud dengan bahasa ini adalah kemampuan yang dimiliki orang untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan tanda atau simbol, seperti kata-kata dan gerakan tubuh.

Bahasa ini terdiri dari kumpulan kata-kata yang masing-masing memiliki makna abstrak dan hubungan dengan konsep atau objek yang direpresentasikan oleh kata-kata tersebut. Penggunaan bahasa ini umumnya didasarkan pada sekumpulan aturan, sehingga kata-kata yang diucapkan atau ditulis mengikuti aturan tertentu.

Pahami bahasa menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti bahasa, kita bisa merujuk pada berbagai pendapat para ahli, di antaranya:

1. Menurut Platoo

Makna bahasa ini adalah pernyataan pikiran individu melalui onomata (nama suatu benda atau sesuatu) serta rhemata (tuturan), yang mencerminkan gagasan individu dalam aliran udara melalui mulut.

2. Setelah Ferdinand De Saussure

Makna bahasa inilah yang menjadi pembeda utama, karena bahasa masing-masing kelompok masyarakat percaya bahwa ia merupakan satu kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain.

READ  Firewall adalah: definisi, jenis, fungsi, penggunaan, rute

3. Menurut Bill Adams

Definisi bahasa ini merupakan sistem perkembangan psikologis individu dalam konteks antar subyektif.

4. Menurut Sudaryono

Arti bahasa ini merupakan alat komunikasi yang efektif tetapi kurang sempurna, sehingga ketidaksempurnaan dalam bahasa ini merupakan salah satu alat komunikasi yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kesalahpahaman.

5. Menurut Harimurti Kridalaksana (1985: 12)

Makna bahasa ini adalah sound system yang bermakna yang digunakan oleh kelompok manusia untuk komunikasi.

6. Menurut Wibowo (2001: 3)

Makna bahasa ini adalah sistem simbol suara yang bermakna dan juga diartikulasikan (dihasilkan oleh alat bahasa) yang bersifat sewenang-wenang dan bersifat konvensional serta digunakan sebagai alat komunikasi sekelompok orang untuk dapat melahirkan. untuk perasaan dan pikiran.

Fungsi suara

Fungsi utama bahasa ini adalah sebagai alat komunikasi
Secara umum, ada tiga (3) fungsi utama bahasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berkaitan dengan pengertian bahasa, berikut beberapa ciri dari bahasa tersebut:

1. Sebagai alat komunikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa ini merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki arti. Setiap kata memiliki makna dan hubungan abstrak dengan konsep atau objek yang diwakilinya. Melalui bahasa, masing-masing orang tersebut dapat berkomunikasi dalam dua (2) arah yang dapat dipahami oleh setiap orang.

2. Sebagai alat untuk mempersatukan bangsa

Bahasa ini, karena penggunaannya sebagai alat komunikasi, dapat menjadi alat pemersatu bangsa. Setiap warga suatu bangsa dapat menyampaikan pemikirannya dalam bahasa yang dipahami. Komunikasi komunal, menggunakan bahasa yang sama dan dipahami satu sama lain, akan mempersatukan suatu bangsa menjadi lebih kuat.

3. Sebagai identitas suatu suku / bangsa

Bahasa ini juga dapat berperan sebagai identitas suku / bangsa karena keunikannya. Setiap suku / bangsa di dunia memiliki bahasa yang berbeda-beda tentunya hal tersebut menjadi identitas dan keunikan suatu suku / bangsa.

READ  Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari bahasa tersebut, antara lain;

  • Sebagai alat untuk berpikir.
  • Sebagai alat kontrol sosial.
  • Sebagai alat ekspresi.
  • Sebagai sarana memahami diri sendiri dan orang lain.
  • Sebagai alat untuk mempelajari berbagai ilmu dan juga sejarah.
  • Sebagai sarana membangun kecerdasan dan karakter.

Keuntungan bahasa

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang seragam antar warga dari suku yang berbeda
Sesuai dengan pemahaman bahasa dan berbagai fungsinya, banyak sekali manfaat bahasa yang diterima masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari bahasa tersebut, termasuk yang berikut ini:

1. Bahasa resmi suatu negara

Ada negara yang banyak bahasa daerahnya, misalnya Indonesia yang terdiri dari suku yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan bahasa resmi untuk mempersatukan seluruh warga negara Indonesia yang berbeda suku. Dalam hal ini, bahasa resmi kami adalah bahasa Indonesia.

2. Pengenalan dunia pendidikan

Dalam penyediaan materi dalam dunia pendidikan, kita juga harus menggunakan bahasa resmi yang dipahami oleh seluruh warga negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan atau kegiatan belajar mengajar di negara kita selalu menggunakan bahasa Indonesia dan merupakan salah satu bidang studi yang wajib dipelajari oleh semua siswa dan siswa.

3. Alat pengembangan budaya dan ilmu pengetahuan

Dalam segala upaya mengembangkan kebudayaan di Indonesia, hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahasa Indonesia. Meskipun setiap suku dan daerah di Indonesia memiliki bahasanya masing-masing, namun dalam mengembangkan budaya dan pengetahuan di negara kita harus menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia.

Menurut para ahli, berikut penjelasan tentang pentingnya bahasa, fitur, dan manfaat. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih

READ  Pengertian Kalimat Imperative, Fungsi, Ciri dan Contohnya

Sumber :