Mencegah Penyebaran Informasi Hoax

Mencegah Penyebaran Informasi Hoax

Mencegah Penyebaran Informasi Hoax

Penyebaran Informasi Hoax – Beberapa waktu belakangan ini, Indonesia diwarnai oleh berbagai macam informasi hoax atau yang biasa disebut news fake. Informasi hoax ini tentu menjadi sumber masalah karena banyak orang yang percaya. Masyarakat terbelah menjadi dua. Dan kemudian perpecahan terjadi. Jika sudah berakhir seperti ini, yang diuntungkan adalah pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk membodohi masyarakat Indonesia dan juga pihak-pihak yang mencari uang dengan cara menyebarkan informasi hoax.

Tidak bisa dipungkiri, membuat informasi atau berita hoax kini

sudah menjadi ladang bisnis bagi sebagian orang. Jumlah uang fantastis yang ditawarkan membuat sebagian orang itu menjadi gelap mata dan memecah belah bangsa Indonesia. Pemerintah tentu saja sudah berupaya untuk mencegah penyebaran informasi hoax tersebut. Tapi, tanggung jawab terbesar untuk mencegah penyebaran informasi hoax tersebut ada pada kita sebagai pengguna internet.

Penyebaran Informasi Hoax
Cara Penyebaran Informasi Hoax

Penyebaran informasi hoax dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara yang biasa digunakan oleh orang guna menyebar informasi hoax.

Youtube

Youtube adalah platform dimana kita dapat menonton video dan juga menjadi creator didalamnya. Siapa saja dapat menonton video dan mengupload video. Oleh karena itulah youtube seringkali menjadi platform bagi orang tidak bertanggung jawab menyebarkan informasi hoax bahkan paham-paham radikalisme. Orang yang tidak memiliki wawasan lebih dan gampang percaya, pasti mudah terperdaya oleh informasi hoax.

Website atau Blog

Baca Juga Hebatnya Teknologi Pembayaran Dengan Scanner Wajah

Sekarang telah menjamur blog ataupun website yang berisi informasi hoax

dan dikelola oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Website atau blog ini biasanya didanai oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk memecah belah Indonesia.

Sosial media

Menurut survey, sosial media menjadi salah satu platform yang paling

sering dipakai untuk penyebaran informasi hoax. Facebook adalah salah satu contohnya. Di facebook, kita dapat menemukan banyak page yang menyebarkan kata-kata provokatif, akun kloningan yang hanya dikelola oleh satu orang saja untuk menjelek-jelekkan agama tertentu, akun palsu yang menggunakan foto perempuan cantik, bahkan akun real yang tidak malu-malu untuk menyebarkan paham radikalisme.

 

Baca Juga :