Kegiatan musibah

Kegiatan musibah

      Tentunya saat ibu rumah tangga dan sebagai peran seorang istri tentunya saat menghadiri acara layatan atau tazkia ucapan yang di sampaikan pada keluarga dari orang yang meninggal dunia adalah ucapan belasungkawa atau ucapan yang mampu menyemangati keluarga. Kesedihan dan kedekaan pasti akan dihadapi oleh keluarga, untuk itu mengucapkan kalimat yang memotivasi dan membuatnya nyaman adalah hal yang harus dilakukan. Ucapan tersebut dapat menggambarkan rasa belasungkawa namun juga tidak membuat orang tersebut kecewa namun juga tidak membuat orang tersebut kecewa atau bertambah sedih. Di tambah doa dan keikhlasan kita menghadiri takziah tentu bias membuat keluarga bersyukur. Serta membantu keluarga duka menyegerakan mengurus mayit atau jenazah. Untuk pengurusan jenazah maka lebih baik diselenggarakan dan jangan ditunda – tunda. Keluarga bisa menunggu jika memang ada kerabat atau anggota keluarga lainnya yang belum hadir melihat, akan tetapi jangan terlalu lama.

      Dalam berpakaian memang tidak ada aturan khusus yang Allah berikan kepada umat islam untuk mengenakan pakaian tertentu saat meninggal. Misalnya saja harus menggunakan pakaian hitam atau dilarang menggunakan warna – warna tertentu. Sehingga boleh menggunakan warna apapun selagi pantas dan tidak menganggu hadirin yang ikut bertakziah lainnya. Hal ini termasuk ke dalam kultur atau budaya, namun bukan pada sunnah atau syariat islam.

3)      Kegiatan dalam mengikuti yang diselenggarakan pemerintah setenpat yakni pemilu.

        Ketika kegiatan pemilu di laksanakan ibu rumah tangga haruslah menggunakan suaranya dengan dengan tepat dan dapat mempertimbangkan agar di masa periode jabatannya dapat sesuai yang di harapkan. Ketika kegiatan pemilu hendaklah seorang ibu rumahtangga mengajarkan bagaimana saat menggunakan hak suara pada anak – anaknya. Apabila wanita menampakkan diri dihadapan laki – laki yang bukan mahram maka ia wajib mengenakan hijab yang menutupi seluruh tubuh dan perhiasannya.

        Tidak berlebihan bersolek ketika berada di tempat – tempat umum. Karena di tempat – tempat umum banyak terdapat laki – laki non mahram yang akan memperlihatkan mereka dan keindahan yang akan di tampakkannya.

sumber :