10 Cara Mengetahui Kaki-Kaki Mobil Rusak

Harus Tahu! 9 Cara Mengetahui Kaki Mobil Rusak

10 Cara Mengetahui Kaki-Kaki Mobil Rusak

1. lihat arah gerak roda

Cara pertama untuk mengetahui apakah kaki-kaki mobil rusak adalah dengan melihat arah pergerakan roda. Jika saat berkendara terasa roda tidak stabil, terkadang bergerak ke kiri dan ke kanan, dan Anda merasakan mobil melayang diikuti setir yang terasa liar. Lalu ada kemungkinan fungsi tie rod mobil anda sudah rusak.

2. Kondisi tapak ban yang terkikis

Kondisi tapak ban yang terkikis tidak merata biasanya disebabkan oleh shockbreaker yang rusak. Selain mempengaruhi fungsi ban, kerusakan yang dialami shckbreaker juga bisa menyebabkan rembesan oli menetes keluar dari komponen.
Viral: Spesifikasi Lengkap BMW Seri 4 Convertible Terbaru 2021 Hadir Dengan Kesan Mewah

Cara mengetahui apakah kaki mobil rusak pada bagian shockbreaker adalah dengan mencoba menekan ujung kap mesin atau bagasi mobil anda beberapa kali dengan tangan. Jika mobil hanya berayun sekali setelah tekanan tangan Anda dilepaskan dari kap mesin berarti shockbreaker dalam keadaan baik, namun jika berayun beberapa kali, sudah pasti shockbreaker mobil Anda rusak dan perlu segera diganti.
3. Anda mendengar suara mendengung

Cara mengetahui kaki mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan mendengarkan penampakan suara mendengung. Biasanya jika ada masalah pada kaki-kaki mobil terutama pada bantalan akan terdengar suara mendengung atau tanda lainnya, bisa juga suara seperti logam mengikis saat anda mengendarai mobil dengan kecepatan rendah.

Cara yang pasti, dan Anda bisa mencoba memutar roda mobil Anda saat berjalan. Jika saat mobil dibelokkan ke kiri suara dengung hilang berarti bearing sebelah kiri rusak, sebaliknya jika digeser ke kanan dan suara dengung hilang berarti bearing sebelah kanan rusak.

READ  Mengenal Jenis Tanah Urugan

4. Ada suara dan roda bergoyang

Jika Anda pernah merasakan roda mobil Anda tidak stabil dan bergoyang saat melintasi jalan bergelombang atau berlubang, berarti ball joint yang merupakan salah satu komponen kaki mobil mengalami kerusakan. Saat kondisi ball joint ditolak, gejala awal yang terdeteksi biasanya kaki mobil mengeluarkan suara klakson dan roda bergoyang saat di jalan datar.
5. Kondisi mobil goyah saat berbelok di tikungan

Cara mengetahui apakah kaki-kaki mobil rusak, lalu mobil oleng saat terpojok. Jika saat Anda mengendarai mobil dan merasa goyah saat berada di tikungan, berarti salah satu komponen kaki-kaki mobil mengalami kerusakan, komponen ini adalah bushing. Bushing sendiri memiliki fungsi untuk menstabilkan pergerakan kendaraan saat berada di tikungan, jika bushing rusak akan mengeluarkan suara berderit, mobil terasa melayang dan anda bergoyang saat berbelok.
Viral: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Grand Avega Sebelum Membelinya

6. Keausan ban

Ban yang lelah merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah kaki-kaki mobil mengalami kerusakan. Hal ini terkadang jarang dipahami oleh pemilik mobil karena menganggap penyebabnya hanya posisi ban yang salah. Jika saat Anda menemukan kondisi ban mobil Anda aus tidak merata dan terjadi pada bagian dalam tapak, maka segera atasi masalah tersebut dengan mengganti ban baru.
7. Spooring berubah

Cara mengetahui apakah kaki-kaki mobil mengalami kerusakan maka melalui spooring dengan menempatkan setir dalam kondisi lurus. Triknya, coba kamu jalankan mobil dengan kecepatan 40-60 km/jam, jika kamu merasakan arah mobil menyimpang ke kiri atau ke kanan saat berkendara, kemungkinan besar ada masalah spooring.

Spooring mobil adalah pengaturan sudut keselarasan roda dengan permukaan jalan. Jika ternyata arah penyelarasan roda berubah saat melakukan servis spooring rutin meskipun penyelarasan sudah dilakukan beberapa kali, itu tandanya kaki mobil Anda bermasalah.
8. Pelek penyok atau retak

READ  Pantai Plengkung (G-Land): Masuk, Lokasi, Surfing

Kondisi velg mobil yang penyok merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah kaki-kaki mobil mengalami kerusakan. Maka Anda diharuskan segera mengganti velg dengan yang baru. Jika tidak segera diperbaiki, roda mobil yang penyok akan membuat pengendalian mobil tidak stabil dan sangat berbahaya bagi keselamatan perjalanan Anda.

9. Rem terasa tidak enak

Cara mengetahui kaki mobil patah terakhir lewat rem. Caranya adalah dengan rutin menekan pedal rem mobil anda saat kondisi sedang berhenti, jika terasa sedikit terpental maka itu tandanya ada sedikit udara pada saluran tersebut. Selain itu anda juga bisa mencoba menjalankan mobil dengan kecepatan 40-60 km/jam, kemudian coba injak rem jika saat menginjak rem dibutuhkan tenaga lebih untuk menghentikan mobil maka booster rem bisa saja rusak.

Sumber :