Pemkab Bandung Bidik Penghargaan Wiwenda

Jabar Nilai Bupati Berkomitmen dalam Pembangunan KBS

IGUN RUCHIYAT/SOREANG EKSPRES
LAYAK DIAPRESIASI: Ketua Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat, R Julianto saat bertandang ke rumah jabatan Bupati Bandung di Soreang, Selasa (29/11).

bandungekspres.co.id, SOREANG – Ketua Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat,  R Julianto memberikan apresiasi terhadap Kabupaten Bandung. Sebut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menilai sebagai kepala daerah, Bupati Bandung, H. Dadang Mochamad Naser memiliki komitmen dan atensi yang sangat tinggi dalam membangun Kabupaten Bandung Sehat (KBS).

Komitment tersebut didukung kerjasama dan koordinasi yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan melibatkan peran serta masyarakat. Dia juga melihat, peran aktif Foum KBS dalam menyuarakan berbagai keluhan dan segala bentuk permasalahan yang ditemui di lingkungan masyarakat, dinilainya sangat bagus.

”FKBS sebagai media penyampaian aspirasi masyarakat sudah melakukan peran dan fungsinya sangat baik. Selain komitmen kepala daerah, keaktifan FKBS pun menjadi poin penting dalam menghadapi Lomba Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional 2017 mendatang,” ucap Julianto, saat bertandang ke rumah jabatan Bupati Bandung di Soreang, Selasa (29/11).

Seperti diketahui, saat ini Pemkab Bandung tengah menargetkan penghargaan Wiwerda dalam ajang lomba kabupaten/kota sehat untuk diverifikasi pemerintah pada tahun 2017 nanti.

Penghargaan Wiwerda didasarkan pada indikator penilaian terhadap empat tatanan yakni pemukiman sarana prasarana umum, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, pariwisata sehat dan ketahanan pangan dan gizi.

Dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, dalam menghadapi event tingkat nasional nanti, Julianto menilai Kabupaten Bandung memiliki persiapan yang paling matang dan lengkap dalam berbagai aspek.

”Melihat kondisi ini, kami tidak akan ragu untuk merekomendasikan Kabupaten Bandung untuk menjadi lokus percontohan kabupaten sehat di wilayah Jawa Barat kepada daerah-daerah lain di Indonesia,” tuturnya.

Saat meninjau salah satu lokus (lokasi fokus) penilaian di lumbung pangan Subur Mukti Kampung Palasari Desa Cikalong Kecamatan Cimaung, Julianto mengatakan ketahanan pangan di Kabupaten Bandung sudah baik. (gun/ign)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR