Pengertian Tulang Selangka, Bentuk, Letak Beserta Fungsi

Definisi tulang selangka

tulang-selangka

Dalam anatomi manusia, tulang selangka atau tulang selangka adalah tulang yang membentuk bahu dan menghubungkan lengan atas dengan batang tubuh. Bentuk tulang selangka melengkung ganda dan memanjang. Tulang selangka ini merupakan satu-satunya tulang yang memanjang secara horizontal di dalam tubuh.

Tempatkan tulang selangka ini di tulang rusuk pertama. Di ujung medial, tulang selangka yang diartikulasikan terletak di manubrium sternum (sternum) di sendi sternoklavikularis. Di ujung lateral sendi dengan akromion skapula (skapula) dengan sendi acromioclavicularis.

Tulang selangka pada wanita ini lebih pendek, lebih tipis, tidak terlalu melengkung dan juga halus pada permukaannya, sedangkan pada pria terjadi sebaliknya tulang selangka.

Tulang selangka ini merupakan tulang pertama yang mengalami proses pengerasan osifikasi selama minggu ke-5 dan ke-6 perkembangan embrio. Tulang selangka ini juga merupakan tulang terakhir yang menyelesaikan proses pengerasan di usia 21 tahun.

Meski tulang selangka terdapat pada tulang panjang, namun tulang selangka juga merupakan satu-satunya tulang yang tidak memiliki rongga sumsum seperti tulang panjang lainnya pada tubuh manusia karena di dalamnya tersusun dari tulang spons.

Untuk menunjang proses gerak dalam tubuh dan sistem kerjanya, setiap tulang dalam tubuh manusia memiliki otot. Tulang selangka memiliki otot pada permukaan atas seperti otot deltoid dan traapezius dan juga pada permukaan bawah terdapat otot subklavia.

Otot deltoid yang menempel pada klavikula (tulang selangka) berperan khusus sehingga dapat membentuk struktur bulat pada bahu manusia karena memiliki bentuk seperti delta atau segitiga alfabet yunani sehingga organ tubuh dapat bergerak dengan bebas dan leluasa.

READ  Perbedaan 'Put on vs Put off vs Put Out' Dalam Bahasa Inggris

Lampiran tulang selangka

Di bawah ini adalah otot dan ligamen yang menempel pada tulang selangka atau tulang selangka, termasuk:
Permukaan superior:

  • Deltoid di deltoid
  • Trapezius

Permukaan inferior:

  • Ligamentum trapesium (bagian lateral ligamentum coracoclavicular) terletak di garis trapesium
    Otot subklavius ​​di sulkus subklavia
  • Ligamentum konoid (bagian medial dari ligamentum coracoclavicular) terletak di tuberkulum konoid

Batas sebelumnya:

  • Otot utama otot dada
  • Otot del Aptoideus
  • Otot sternocleidomastoid
  • Otot sternohyoid
  • Trapezius

Fungsi tulang selangka

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari tulang selangka atau tulang selangka, diantaranya:

Sebagai penghalang untuk menjauhkan ekstremitas atas dari dada agar lengan bisa bergerak bebas.
Untuk dapat melanjutkan guncangan dari ekstremitas atas ke kerangka (secara aksial).
Meski dikelompokkan ke dalam tulang panjang, namun tulang selangka atau tulang selangka merupakan satu-satunya tulang yang tidak memiliki rongga sumsum seperti tulang panjang lainnya. Tulang selangka atau tulang selangka terdiri dari tulang spons.

Meskipun tulang selangka atau tulang selangka ini dikelompokkan menjadi tulang panjang, namun merupakan satu-satunya tulang yang tidak memiliki rongga sumsum seperti tulang panjang lainnya. Tulang selangka terbuat dari tulang spons.

Terima kasih telah membaca tentang pentingnya tulang selangka, bentuk, posisi, dan fungsi. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :