Tempat-tempat yang Sering Didatangi Malaikat dan Syaithan

Tempat-tempat yang Sering Didatangi Malaikat dan Syaithan

Tempat-tempat yang Sering Didatangi Malaikat dan Syaithan

Tempat-tempat yang Sering Didatangi Malaikat dan Syaithan
Tempat-tempat yang Sering Didatangi Malaikat dan Syaithan

Tempat-tempat yang Sering Didatangi Malaikat

Ada malaikat yang berkeliling di penjuru bumi mencari majelis-majelis dzikir, dan jika mereka menemukan majelis dzikir mereka berkata: “Bersegeralah kepada hajatmu.” Ada beberapa cara berdzikir kepada Allah  di antaranya adalah:

1. Bacaan Al-Qur’an.

Orang yang membaca Al-Qur’an berdzikir kepada Allah.

2. Orang yang shalat berdzikir kepada Allah.

Orang yang bertasbih, beristighfar, bertakbir dan bertahlil berdzikir kepada Allah. Para malaikat berkumpul di dekatnya dan syaithan menjauh daripadanya.

3. Orang Yang Belajar Ilmu

Orang-orang yang mempelajari buku-buku ilmu dan duduk di dalam halaqah untuk mempelajari agamanya – mereka berdzikir kepada Allah, dan para malaikat berkumpul di dekat mereka.

Tempat-tempat yang Sering Didatangi Syaithan

1. Orang-orang yang menyibukkan diri mereka dengan segala bentuk kesenangan yang sia-sia seperti nyanyian dan alat musik – orang-orang ini dikelilingi oleh syaithan yang berkumpul di dekat mereka sedangkan para malaikat menjauh dari mereka.

2. Orang yang menempatkan gambar-gambar di rumahnya – para malaikat tidak masuk ke dalam rumahnya, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits, di mana Nabi  bersabda:

إُٖٔا المَلأَ٢لََٞ لاَ دَُِّخُىُ بَِٚتّا فٔٚ كَوِبْ هََٗا ػُ رَْ٘ٝ
“Sesungguhnya malaikat tidak memasuki rumah yang terdapat anjing dan gambar di dalamnya.”5
Malaikat rahmat tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar, apakah itu digantung di dinding ataukan disimpan dalam bingkai atau kotak-kotak sebagai kenang-kenangan atau memperindah rumah.

Gambar yang dimaksud di sini adalah gambar-gambar dari mahluk yang bernyawa. Ini menjauhkan malaikat. Oleh karenanya para malaikat tidak memasuki rumah-rumah di mana terdapat yang semisal gambar-gambar ini. Namun demikian, gambar-gambar yang diperbolehkan karenanya adanya keperluan seperti untuk kartu identitas, paspor dan kartu identitas pribadi, hal ini diperbolehkan karena kebutuhannya. Gambar-gambar ini tidak diambil untuk dikagumi. Maka jenis gambar-gambar ini adalah pengecualian dari larangan tersebut. Demikian juga gambar-gambar yang diinjak-injak atau diduduki. Yang kita bicarakan di sini hanyalah gambar yang tergantung sebagai kenangan atau disimpan untuk diperlihatkan. Ini adalah jenis gambar-gambar yang dilarang, karena tidak ada kebutuhan pengambilannya. Jenis gambar-gambar seperti ini menyebabkan syaithan masuk ke dalam rumah manakala malaikat tertahan dari memasuki rumah.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/