Tahapan dari daur hidup suatu sistem

Tahapan dari daur hidup suatu sistem

Tahapan-dari-daur-hidup-suatu-sistem

Akui kebutuhannya

Sebelum terjadi sesuatu, muncul kebutuhan atau masalah yang harus diakui apa adanya. Kebutuhan dapat terjadi sebagai akibat dari perkembangan organisasi. Volume permintaan meningkat melebihi kapasitas sistem yang ada. Semua kebutuhan ini harus didefinisikan dengan jelas. Tanpa kejelasan tentang kebutuhan saat ini, pengembangan sistem akan kehilangan arah dan efektivitas.

Membangun sistem

Suatu proses atau rangkaian prosedur yang harus diikuti untuk menganalisis kebutuhan yang muncul dan membangun sistem untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pasang sistem

Setelah tahap konstruksi selesai, sistem kemudian akan dioperasikan. Instalasi sistem merupakan tahapan penting dalam siklus hidup suatu sistem, dimana peralihan dari tahap pengembangan ke tahap operasional merupakan tahap instalasi sistem dan merupakan tahap terakhir dalam pengembangan sistem.

Sistem operasi

Program komputer dan prosedur operasi yang menyusun sistem informasi semuanya statis, sedangkan organisasi yang didukung oleh sistem informasi selalu berubah karena perkembangan aktivitas, perubahan regulasi dan kebijakan, atau kemajuan teknologi. Untuk mengatasi perubahan ini, sistem harus diperbaiki atau diperbarui.

Sistem sudah menjadi usang

Terkadang perubahannya begitu drastis sehingga tidak bisa diperbaiki hanya dengan melakukan reformasi pada sistem yang ada. Ada saatnya sistem saat ini tidak layak secara ekonomi dan teknis untuk dioperasikan dan perlu membangun sistem baru untuk menggantikannya.

Baca Juga :

READ  Pengertian Lembaga Keuangan Perbankan: Fungsi, Jenis dan Tujuan