STRATEGI PEMASARAN

STRATEGI PEMASARAN

STRATEGI PEMASARAN

STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran adalah

pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Strategi Pemasaran membutuhkan dua bagian yang saling berkaitan, yaitu :

Target market atau target pemasaran

Yaitu sekelompok pelanggan homogen yang ingin ditarik perusahaan tersebut. Misalnya memilih strategi yang berorientasi. Didalam hal ini, menejer yang berorientasi dan berorientasi pemasaran memiliki pandangan yang berbeda terhadap pasar. Perbedaan orientasi produksi dan orientasi pemasaran:

2.Marketing Mix

Yaitu variabel-variabel yang akan diawasi yang disusun oleh perusahaan tersebut untuk memuaskan kelompok yang di target. Ada 7 komponen yang tercakup dalam kegiatan marketing mix.

Product

Product merupakan titik sentral dari kegiatang marketing. Bagaimana pun hebatnya suatu perusahaan mengadakan promosi, distribusi, price, dll, jika tidak diikuti dengan produk yang bermutu, disenangi oleh konsumen, maka usaha marketing mix ini tidak dapat berhasil.

Product yang ditawarkan dapat berupa:

– Barang yang berwujud. Contohnya: mobil,motor, mesin cuci, dll.

– Jasa. Contohnya: salon, travel, dll.

– Product features yaitu model, ciri-ciri istimewa dari product tersebut. Contohnya: sebuah arloji, selain memenuhi syarat sebagai sebuah arloji, juga memiliki ciri yang lain, misalnya ada tanggal, bentuknya mungil, daya tahan warna, model, ada garansi,dll
b.Place atau Distribution

Didalam pola distribusi diperlukan perantara. Perantara ini sangat penting karena dalam segala hal mereka berhubungan dengan konsumen. Dalam sebuah ungkapan dikatakan “you can eliminate the middlemen, but you cannot eliminate their functions” artinya anda dapat meniadakan perantara tapi tidak dapat menghilangkan fungsinya.

Didalam distribusi atau tempat kita dapat menetukan: Tujuan, Jenis aluran, Paparan pasar, Jenis perantaraan, Jenis dan lokasi toko, Cara pengantara dan penyimpanan, Tingkat pelayanan, Perekrutan perantara, Pengolaan saluran

Promotion atau Promosi

Promosi pada zaman sekarang ini tidak boleh diabaikan. Antara promosi dan produk tidak boleh dipisahkan, karena ini merupakan kunci menuju suksesnya pemasaran. Kombinasi promosi adalah:

Tujuan
Campuran Promosi
Kegiatan periklanan
Promosi penjualan
Publisitas
Price atau Harga
Masalah kebijaksanaan harga turut menentukan keberhasilan pemasaran produk. Kebijaksanaan harga dapat dilakukan pada setiap tingkatan distribusi, seperti oleh produsen, oleh grosir, dan retailer (pedagang eceran). Yang perlu diperhatikan dalam harga adalah: Tujuan, Fleksibilitas, Tingkatan pada Keselurahan siklus hidup produk, Masalah geografis, Diskon, Penambahan dan pengurangan harga.

d.People atau orang
Faktor manusia baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam aktivitas penyampaian produk di pasaran tidak bisa dikecualikan lagi. Peranan mereka sangat penting guna untuk menjalankan segala aktivitas yang berkaitan. Aspek kemampuan dan pengetahuan pekerja perlu di perhatikan dalam strategi meningkatkan pemasaran.

e.Proses

Proses / aliran kerja termasuk arahan dan prosedur yang bertepatan bagi setiap aktivitas merupakan elemen yang akan menentukan kejayaan dan kemajuan pemasaran.

f.Physical Evidence

Pengupayaan industri dalam penyampaian haruslah di sesuaikan dengan sekitar pasaran, karena dengan hal tersebut pemasar dapat meningkatkan lagi keterkesanan dalam berkomunikasi dan melaksanakan penyampaian produk kepada konsumen/sasaran.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11144-pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli