Strategi Kompetitif

Strategi kompetitif adalah strategi organisasi tentang

bagaimana organisasi akan bersaing dalam bisnisnya. Bagi organisasi kecil yang belum pernah berkecimpung di dalam satu lini bisnis ini digunakan untuk menggambarkan bagaimana oranisasi tersebut akan bersaing di pasar primer atau utamanya.

Sedangkan, untuk organisasi yang pernah berkecimpung di lini bisnis, ini digunakan untuk mendefinisikan keunggulan keunggulan kompetitifnya, produk atau jasa yang ditawarkan, pelanggan yang ingin dijangkaunya , dan semacamnya.

Apabila organisasi bergerak dalam beberapa bisnis yang berbeda, bisnis tunggal yang bersifat independen dan memformulasikan strategi kompetitifnya sendiri atau sering disebut dengan unit bisnis strategis (strategic business units-SBU)

      Keunggulan strategi kompetitif adalah yang membedakan keunggulan adalah keunggulan dalah hal keunikannya. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh organisasi lain atau melakukan lebih baik dari organisasi lain. Keunggulan kompetitif juga dapat berasal dari sumber daya perusahaan.

      Faktor – faktor yang digunakan dalam keunggulan kompetitif,diantaranya adalah kualitas sebagai keunggulan kompetitif misalanya pak Budi memulai bisnis bakso pada tahun 2010, dengan tujuan memberikan produk yang bermutu dan enak untuk disantap para pelanggan. Pak Budi terus mempertahankan kualitas baksonya tahun demi tahun.

Selanjutnya adalah pemikiran desain sebagai keunggulan kompetitif. Penggunaan pemikiran desain berarti berfikir dengan cara yang tidak biasa mengenai apa itu bisnis dan bagaimana bisnis melakukan bisnisnya.

Selain itu, media social juga sangat berperan penting dalam keunggulan kompetitif. Dengan memanfaatkan media social para manajer bisa membantu dalam memasarkan produknya.

sumber :

https://henri-bienvenu.com/alpha-beta-apk/