Sejarah Sepak Bola

Sejarah Singkat Sepakbola

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepakbola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Cina tepatnya di masa dinasti Han. Pada waktu itu, konon masyarakat menggiring bola kulit untuk kemudian menendangnya ke jaring kecil. Permainan sejenis juga pernah dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Sedangkan di negara Italia, permainan menendang dan menggiring bola juga mulai digemari terutama pada abad ke-16.

Sepakbola modern pada awalnya mulai berkembang di negara Inggris dan banyak digemari oleh penduduknya. Dalam beberapa kompetisi yang diadakan, permainan ini banyak menimbulkan kekerasan dan cidera selama pertandingan. Hal itu disebabkan oleh belum terbentuknya aturan-aturan yang baku dalam sepakbola. Akhirnya pada tahun 1365, Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan. Bahkan, Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan tersebut.

Pada tahun 1815, terjadi sebuah perkembangan pesat yang menyebabkan olahraga sepakbola mulai terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Sepakbola modern terlahir kembali di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika saat itu sebelas sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku dalam permainan sepakbola. Dalam pertemuan tersebut, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dan sepakbola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepakbola. Selama tahun 1800an, olahraga tersebut dibawa dan disebar oleh para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 1904, sebuah asosiasi tertinggi sepakbola dunia (FIFA) terbentuk dan pada awal tahun 1900an, berbagai kompetisi sepakbola telah digelar diberbagai negara.


SUMBER : https://rumusguru.com/