Redirecting the Question

Redirecting the Question

Pertama-tama pertanyaan tidak dijawab oleh seluruh kelas, lalu yang mau menjawab, diminta menunjuk. Kemudian masing-masing yang menunjuk diminta untuk menjawab satu persatu, ini disebut redirecting.

Pertanyaan yang diajukan dapat dibagi atas dua kategori, yaitu:

  1. a)Low order question, yaitu pertanyaan yang bersifat recall ini pertanyaan mudah, misalnya apa ibukota provinsi Jawa Barat
  2. b)Higher order question, yaitu pertanyaan ini agak sulit, dengan memakai kata, bagaimana, mengapa?, Mengapa Bandung ditunjuk sebagai ibukota provinsi Jawa Barat?.[5]

Komponen keterampilan bertanya yang perlu dikuasai guru meliputi keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjutan. Adapun keterampilan bertanya dasar mencakup:

  1. Penggunaan pertanyaan yang jelas dan singkat dengan mengunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan sesuai taraf perkembangannya.
  2. Pemberian acuan, berupa pernyataan yang berisi informasi yang relevan dengan jawaban yang diharapkan dari siswa.
  3. Pemindahan giliran dan menyebar pertanyaan, untuk melibatkan seluruh siswa semaksimal mungkin agar tercipta iklim pembelajaran yang menyenangkan.
  4. Pemberian waktu berfikir pada siswa.
  5. Pemberian tuntunan, guru hendaknya memberikan tuntunan agar murid dapat menjawab sendiri ketika terdapat kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.[6]

Bagi guru baru, kadang ada pertanyaan siswa yang tak dapat dijawab guru baru itu, inilah kadang yang menyebabkan suatu problem yang akan dihadapi seorang guru. Adapun langkah-langkah yang dapat kita ambil dalam penyelasaian problem tesebut adalah:

  1. Kembalikan pertanyaan tersebut ke kelas.
  2. Tanyakan kepada siswa, siapa yang dapat menjawabnya, atau tanyakan kelas untuk mencari jawaban yang benar dari buku mereka.
  3. Mengaku kepada siswa bahwa kita belum btahu jawaban dan berjanji akan menjawabnya (jangan asal dijawab saja). Siswa dilatih mencari jawaban dan mereka hendaknya sadar bahwa seorang guru bukan maha tahu.

Dan ada pula pertanyaan siswa yang melenceng atau tidak berhubungan dengan topik, maka bagaimana cara menghadapinya?, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Jawablah segera dan kembali ke pokok pembahasan.
  2. Tunda jawaban sampaisampai nanti dan catatlah pertanyaan itu.
  3. Nyatakan bahwa itu suatu pertanyaan yang baik dan akan dan akan dijawab lain kali.

baca juga :