Perbedaan dan Persamaan Sektor Publik dan Sektor Swasta

1)     Tujuan, sektor swasta memiliki tujuan untuk memaksimalkan laba, sedangkan sektor publik memiliki tujuan untuk pemberian pelayanan sektor pulik.

2)     Sumber pembiayaan, sektor publik, sumber pendanaan berasal dari pajak, dan retribusi, charging for service, laba perusahaan milik negara, pinjaman pemerintah, dan lain-lain pendapatan yang sah dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-udangan yang telah ditetapkan.

3)     Pada sektor swasta, sumber pembiayaan terbagi atas sumber pembiayaan; internal, bagian laba yang diinvestasikan kembali keperusahaan dan modal pemilik dan eksternal, utang bank, penerbitan obligasi, dan penrbitan saham baru untuk mendapatkan dana dari publik.

4)     Pola pertanggungjawaban, sektor swasta, manajemen bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan (pemegang saham).

5)     Sektor publik secara vertikal, pertanggungjawaban atas pengelolahan dana kepada otoritas yang lebih tinggi dan secara horisontal, pertanggungjawaban kepada masyarakat luas.

6)     Struktur organisasi, sektor publik bersifat birokratis, kaku, dan hirarkis. Sektor swasta berbentuk datar, piramid, lintas fungsional dan lain sebagainya sesuai pilihan organisasi.

7)     Karakteristik anggaran, sektor publik rencana anggaran dipublikasikan kepada masyarakat secara terbuka untuk dikritisi dan didiskusikan. Sektor swasta, bersifat tertutup bagi publik karena anggaran merupakan rahasia perusahaan.

8)     Sistem akuntansi, sektor publik berbasis cash accounting & modifikasi accrual accounting. Sektor swasta berbasis accrual accounting.

Persamaan Sektor Swasta dengan Sektor Publik

1)       Kedua sektor merupakan bagian integral dari sistem ekonomi negara dan menggunakan sumberdaya yang sama untuk mencapai tujuan organisasi.

2)       Keduanya mengahadapi masalah yang sama, yaitu masalaha kelangkaan sumberdaya secara ekonomis, efektif dan efisien.

3)       Proses pengendalian manajemen termasuk manajemen keuangan pada dasarnya. Keduanya sama-sama membutuhkan informasi yang handal dan relevan untuk melaksanakan fungsi manajemen.

4)       Pada beberapa hal kedua sektor menghasilkan produk yang sama, contohnya pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

5)       Kedua sektor terikat peraturan perundang-undangan dan ketentuan hukum lain yang disyaratkan.

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/tengkorak-kuno-papua-nugini-diduga-milik-korban-tsunami-tertua/