Penyebab Kemacetan Dijalan Raya

Penyebab Kemacetan Dijalan Raya

Penyebab Kemacetan Dijalan Raya

 

 

Siapa yang tidak pernah merasakan kemacetan?

Setiap kota besar selain kota jakarta pun pasti pernah mengalami kemacetan. Dari pagi sampai malam pasti di kota besar pasti terdapat kemacetan meskipun tidak terlalu sesak. Pasti di benak setiap orang jika mengalami hal ini ialah merasa dongkol, atau amarah yang tidak bsa dekeluarkan. Namun masalah ini tidak lantas dibiarkan begitu saja. Presiden SBY pun ikut turun tangan dalam masalah kemacetan ini dengan memberikan berbagai alternatif dalam mengatasi masalah ini. Namun semua itu tidak mudah dilaksanakan jika semua kalangan masyarakat tidak ikut berkontribusi dalam masalah ini. Bahkan malah sebagai biang penyebab dari permasalahan kemacetan ini.

Kemacetan pasti tidak datang begitu saja, tetapi pasti ada sebab akibatnya sehingga kemacetan ini bisa terjadi. Penyebab kemacetan yang sering terjadi dijalan diantaranya:

  1. berpindah jalur seenaknya, hal ini dilakukan ketika mereka merasa terjebak oleh kemacetan dan melihat peluang berpindah jalur disamping kiri maupun samping kanan, secara tidak langsung hal itu akan mengakibatkan perlambatan kendaraan dibelakangnya.
  2. bersikap ragu di jalan, jika kita ragu dijalan, maka tujuan kendaraan kita tidak lancar, dan akan menyebabkan kendaraan dibelakangnya terganggu.
  3. berkendara tidak pada jalurnya, kendaraan yang sering melakukan hal ini adalah sepeda motor. Jika ada kendaraan yang melaju pada pertigaan/perempatan jalan, lalu ada kendaraan yang bertujuan lurus ternyata ada dijalan kiri yang diperuntukkan bagi kendaraan yang belok kiri, maka ini sangat memancing terjadinya kemacetan.
  4. parkir sembarangan, sangat jelas hal ini menjadi salah satu penyebab masalah kemacetan, dengan adanya seseorang yang parkir sembarangan maka otomatis lebar jalan akan menjadi sempit.

Masalah-masalah/dampak negatif yang sering timbul dalam diri seseorang jika menghadapi kemacetan diantaranya:

  1. kerugian waktu, jelas hal ini seseorang akan memakan waktu yang lama jika mengalami kemacetan.
  2. kerugian ekonomi, dalam hal ini seseorang biasanya akan menghabiskan BBM yang lebih boros dibandingkan dengan yang tidak mengalami kemacetan.
  3. stres, dalam hal ini biasanya dialami oleh orang yang sedang terburu-buru untuk sampai ke tempat tujuan.
  4. kelelahan, setiap orang jika menghadapi kemacetan tentu saja akan mengalami kelelahan akibat terus bergeraknya anggota tubuh, biasanya yang sering merasakan dampak ini ialah anggota tubuh bagian tangan dan kaki.

 

Kesimpulannya :

Maka untuk menghindari masalah-masalah tersebut kita dianjurkan untuk lebih bersikap dewasa dalam berkendara di jalan. Perlunya sopan santun dijalan sangat penting untuk semua pengendara.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :