. Penghitungan Gaji

Penghasilan Kotor

Penghasilan kotor adalah total kompensasi yang diperoleh seorang karyawan mencakup upah atau gaji, ditambah bonus dan komisi lainnya.

Rumus:

Total Upah = Jumlah Jam Kerja  Tarif per Jam

Pengurang Gaji

Ada beberapa hal yang dapat mengurangi jumlah perolehan gaji atau upah seorang karyawan, di antaranya adalah:

  1. Pajak FICA adalah pajak yang dibuat agar pekerja memiliki tambahan tunjangan pension, tunjangan cacat fisik, dan tunjangan kesehatan. Pajak FICA biasa dikenal dengan pajak jaminan sosial.
  2. Pajak Penghasilan adalah pajak yang dibebankan pada penghasilan maupun gaji atau upah perorangan, perusahaan atau badan hukum lainnya.
  3. Potongan Lain. Potongan lain dapat berupa sumbangan sukarela, pensiun, atau tujuan lainnya. Semua potongan sukarela harus disetujui secara tertulis oleh karyawan.

Pembayaran Bersih

 Pembayaran bersih atau gaji bersih ditentukan dengan cara mengurangi potongan gaji karyawan dari penghasilan kotor.

2.11. Percatatan Pengajian

Mencatat pembayaran gaji mencakup menangani catatan departemen penggajian, mengakui beban dan kewajiban penggajian, dan mencatat pembayaran gaji.

Menangani Catatan Departemen Penggajian

Untuk mematuhi hukum negara bagian dan federal, perusahaan harus menyimpan catatan kumulatif atas penghasilan kotor, potongan gaji dan pembayaran bersih setiap karyawan selama setahun. Catatan yang menyediakan informasi ini adalah catatan penghasilan karyawan (employeeearnings record).

Catatan penghasilan yang terpisah disimpan untuk setiap karyawan. Catatan ini diperbarui setiap periode pembayaran. Data penggajian kumulatif pada catatan penghasilan digunakan oleh perusahaan (pemberikerja) untuk ; (1) menentukan kapan karyawan telah memperoleh penghasilan maksimum yang menjadi subjek pajak FICA, (2) mengarsip surat pemberitahuan pajak penghasilan (SPT PPh) yang ditanggung perusahaan negara bagian dan federal, (3) memberikan setiap karyawan laporan penghasilan kotor dan pemungutan pajak pada tahun tersebut.

Selain catatan penghasilan karyawan, banyak perusahaan menyadari manfaat dari membuat register gaji (payroll register). Catatan ini berisi penghasilan kotor, potongan gaji, dan pembayaran bersih untuk setiap karyawan pada masing-masing periode pembayaran . Catatan ini merupakan dokumentasi untuk membuat cek pembayaran setiap karyawan.

Mengakui Beban dan Kewajiban Penggajian

Akun-akun kewajiban tertentu dikreditkan untuk potongan wajib dan sukarela yang dilakukan pada periode pembayaran. Pada contoh ini, debit ke Beban Gaji Kantor dan Upah digunakan untuk penghasilan kotor karena karyawan tetap dibayar berdasarkan gaji dan karyawan lainnya dibayar berdasarkan tarif per jam. Di perusahaan-perusahaan lainnya, mungkin didebit ke akun-akun lain seperti Gaji Toko atau Gaji Penjualan. Jumlah yang dikredit ke Utang Gaji dan Upah adalah penjumlahan masing-masing cek yang akan diterima oleh karyawan.

Mencatat Pembayaran Gaji

sumber :
https://www.carscoverageonline.com/2020/06/11/seva-mobil-bekas/