Pengertian toleransi: pandangan, harmoni, karakteristik

Definisi toleransi
Buka baca cepat

Secara doktrin, toleransi dituntut sepenuhnya dalam Islam. Islam menurut definisi “damai”, “aman” dan “menyerah”. Definisi Islam yang demikian sering dirumuskan dengan istilah “agama Islam rahmatal lil’alamin” (agama yang melindungi seluruh alam). Artinya Islam tidak boleh menghapus semua agama yang ada. Islam menawarkan dialog dan toleransi dalam bentuk saling menghormati. Islam mengakui bahwa keberagaman umat manusia dalam agama dan pandangan dunia adalah kehendak Allah, oleh karena itu tidak dapat disamakan. Ajat Sudrajat dkk. (2008: 141-142) menjelaskan bahwa kata toleransi berasal dari bahasa latin tolelare yang artinya bertahan hidup atau membawa. Dengan saling mengambil alih meskipun pekerjaannya tidak populer, atau dengan memberi tempat kepada orang lain meskipun kedua belah pihak tidak setuju. Jadi toleransi mengacu pada kesediaan untuk menerima kenyataan bahwa orang lain berbeda.

Pengertian-toleransi-pandangan-harmoni-karakteristik
Pengertian kata toleransi dalam bahasa Arab merupakan kata Tasamuh yang artinya mengijinkan sesuatu yang memungkinkan dan memudahkan satu sama lain. Menurut Webster’s New American Dictionary, pengertian toleransi adalah kebebasan untuk melindungi pendapat orang lain, pasien dengan orang lain (memberi atau mengizinkan kebebasan), melindungi pendapat orang lain, dan bersabar terhadap orang lain. Tasamuh berarti dalam bahasa arab bahwa sesuatu dapat saling mengizinkan dan memfasilitasi. Dari beberapa pendapat di atas, toleransi dapat diartikan sebagai sikap berpegang yang memungkinkan baik dari segi sikap, keyakinan maupun perilaku yang dimiliki seseorang terhadap yang lain. Dengan kata lain, toleransi adalah sikap dermawan terhadap prinsip orang lain. Toleransi tidak berarti bahwa seseorang harus mengorbankan keyakinan atau prinsipnya. Toleransi yang berlawanan mencerminkan sikap yang kuat atau istiqomah untuk merepresentasikan keyakinan atau pendapat sendiri.

READ  Firewall adalah: definisi, jenis, fungsi, penggunaan, rute

Toleransi dari sudut pandang Islam

Dalam Surat Al Baqarah ayat 256:
Baca lebih lanjut: Memahami Perawatan

Tidak ada paksaan untuk masuk agama (Islam); Nyatanya, cara yang benar lebih jelas daripada cara yang salah. Jadi siapa yang menyangkal Thaghut dan percaya kepada Allah sebenarnya telah memegang simpul tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar, Mengetahui.

Surat di atas dari Al Baqarah kepada Ajat Sudrajat dkk.

(2008: 142-148), dikutip dari tulisan Qurais Sihab (1994: 368), mengacu pada kebebasan memilih Islam atau agama lain. Seseorang yang dengan ikhlas dan ikhlas memilih suatu agama, maka orang tersebut wajib melaksanakan ajaran tersebut dengan sempurna.

Mengenai orang yang tidak seagama, Islam mengajarkan umat Islam untuk berbuat baik dan adil. Selama tidak ada penganiayaan terhadap Muslim, tidak perlu bermusuhan atau bahkan melawan mereka. Alquran juga mengajarkan umat Islam untuk mengutamakan berdamai sehingga timbul rasa kasih sayang antara umat Islam dengan kelompok agama lain.

Adanya kerjasama yang baik antara umat Islam dengan umat beragama lainnya

tidak menjadi kendala dalam Islam. Kerjasama di bidang kehidupan masyarakat seperti penyelenggaraan pendidikan, pemberantasan penyakit sosial dan pembangunan ekonomi untuk mengatasi kemiskinan hanyalah beberapa bentuk kerjasama yang dapat dilakukan. Keadaan ini dijelaskan dalam Al Qur’an Sura di Taubat ayat 6.

Dan jika salah satu musyrik meminta perlindungan dari Anda, lindungi dia sehingga dia bisa mendengar firman Allah dan kemudian membawanya ke tempat yang aman untuknya. Itu karena mereka adalah orang yang tidak tahu.

READ  Data adalah: jenis, fungsi, sumber, metode, klasifikasi

Toleransi perlu dibedakan dengan berkompromi, menerima apa yang dikatakan orang lain selama bisa menciptakan kedamaian dan harmoni, atau menerima sesama anggota dan menerima untuk mencapai kebersamaan. Kompromi tidak bisa digunakan dalam kehidupan religius. Kompromi dalam agama akan menghasilkan corak religi yang sinkretis. Tidak peduli seberapa baik ajaran Islam tentang bagaimana umat Islam harus bersikap terhadap agama lain, tidak ada kompromi dalam hal pelaksanaan ibadah. Seperti dalam surat tersebut, Al Kafiruun menegaskan bahwa kompromi agama tidak mungkin bagi umat Islam. Sehubungan dengan ibadah, mintalah masing-masing melakukan sesuai dengan keyakinan mereka.
Kerukunan umat beragama di Indonesia

Toleransi antar umat beragama di Indonesia populer dengan istilah kerukunan antaragama. Istilah ini adalah istilah resmi yang digunakan oleh pemerintah. Kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu tujuan pembangunan bidang keagamaan di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/