Pengertian Telnet, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Comand

Pahami Telnet

pengertian-telnet

Telnet adalah singkatan dari (Telecommunications Network Protocol). Telnet adalah registrasi jarak jauh di jaringan Internet, yang disebabkan oleh adanya layanan dari protokol Telnet. Ketika telnet tersedia, itu dapat memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh melalui jaringan Internet.

Pandangan lain dari Telnet adalah protokol yang memungkinkan pengguna untuk masuk dan bekerja pada sistem jarak jauh, seperti misalnya, jika program atau file disimpan di komputer jarak jauh yang ada di komputer pengguna itu sendiri. Singkatnya, Telnet adalah perangkat lunak yang juga dapat digunakan untuk mengontrol sistem komputer dari jarak jauh.

Telnet digunakan untuk dapat melakukan log on ke komputer lain dalam jaringan internet dan untuk dapat melakukan aktivitas / akses layanan publik serta dapat memasukkan semua jenis database. Dengan kata lain, ini dapat dihubungkan ke komputer lain di gedung atau ruangan, serta komputer di seluruh dunia.

Dan ketika sudah terkoneksi atau juga terkoneksi, input dari keyboard bisa langsung dikontrol ke remote komputer. Anda dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh komputer jarak jauh dan hasilnya kemudian akan ditampilkan di terminal lokal.

Fungsi Telnet

Fungsi dari Telnet sendiri adalah untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Karena Telnet ini dapat memungkinkan komputer pengguna menjadi terminal komputer lain di jaringan Internet. Dan Telnet ini juga memungkinkan setiap pengguna untuk login sebagai pengguna komputer jarak jauh dan juga menjalankan utilitas komputer yang juga ada di komputer tersebut.

READ  Kumpulan Contoh Soal Recount Text Beserta Kunci Jawaban

Bagaimana cara kerja Telnet?

Cara kerja teknologi Telnet ini adalah dengan memberikan akses langsung ke berbagai layanan di Internet, termasuk penyediaan database. Telnet menggunakan dua jenis program, yaitu klien dan tiga server. Cara kerjanya adalah perangkat lunak klien berjalan di komputer. Komputer yang dimaksud diposisikan sebagai pihak yang meminta layanan. Sementara itu, perangkat lunak server adalah pihak yang membuat layanan.

Singkatnya, tugas yang dilakukan oleh klien adalah menghubungkan Transfer Control Protocol atau TCP ke server yang tersedia. Klien kemudian menerima masukan dari pengguna. Klien kemudian memformat masukan pengguna dan mengubahnya menjadi format standar. Baru setelah itu proses transmisi ke server berlangsung. Selanjutnya, klien mengubah format keluaran untuk ditampilkan di layar.

Peran server dalam rantai teknologi Telnet dimulai dengan memberikan informasi kepada perangkat lunak bahwa jaringan komputer pengguna telah siap untuk dihubungkan. Server kemudian menunggu permintaan dalam format standar. Setelah permintaan diterima, server melakukannya dan mengirimkan hasilnya kembali ke klien dalam format standar. Pekerjaan server ini diakhiri dengan menunggu permintaan lain selama pemrosesan jarak jauh.
Perintah Telnet

Perintah Telnet, atau perintah yang ditemukan di Telnet, memiliki tipe yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa perintah di Telnet seperti ini:

  • close adalah perintah untuk menutup koneksi yang sedang berjalan
  • Log off adalah perintah yang memaksa pengguna jarak jauh untuk log off dan menutup koneksi
  • display adalah perintah untuk menampilkan parameter operasi
  • mode adalah perintah untuk masuk ke mode baris / karakter (‘mode?’ dll.)
  • open adalah perintah yang ditujukan untuk menghubungkan ke website / website
  • berhenti adalah perintah untuk menghentikan keluar dari Telnet
  • send adalah perintah untuk memasukkan karakter khusus (‘send?’ dll.)
  • set adalah perintah untuk mengatur parameter operasi (‘set?’ dll.)
  • unset adalah perintah untuk membatalkan parameter operasi (‘unset?’ dll.)
  • status adalah perintah untuk mencetak informasi status
  • Toggle adalah perintah untuk mengubah parameter operasi (‘Toggle?’ Dll)
  • slc adalah perintah untuk mempersiapkan penanganan karakter khusus
  • z adalah perintah untuk menjeda Telnet
READ  Nemathelminthes : Pengertian, Ciri, Contoh, Klasifikasi

Keuntungan dan kerugian Telnet

Kelebihan dan kekurangan TELNET adalah sebagai berikut:

Keuntungan Telnet

Keunggulan Telnet adalah dengan menggunakan Telnet server, yang merupakan antarmuka yang cukup mudah digunakan, pengguna dapat mengeluarkan perintah dari jarak jauh, seolah-olah pengguna sedang menjalankan perintah untuk jalur ke komputer.

Kekurangan Telnet

Kekurangan Telnet adalah pengguna otentikasi NTLM tidak memiliki enkripsi yang memudahkan sniffer untuk mencuri password. Selain itu, disarankan agar administrator sistem menggunakan SSH di Linux daripada menggunakan server Telnet untuk mengonfigurasi sistem kami.

Demikian penjelasannya, semoga yang diuraikan dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih kaish

Sumber :