PENGERTIAN SISTEM TATA SURYA

PENGERTIAN SISTEM TATA SURYA

PENGERTIAN SISTEM TATA SURYA

Salah satu pelajaran yang kita dapat

ketika masih duduk di bangku sekolah adalah sistem tata surya. Istilah sistem tata surya ini sebenarnya mengacu pada ilmu Astronomi yang mempelajari segala benda atau objek yang ada di langit.

Diantara jutaan hingga miliaran benda yang bertebaran di langit, beberapa diantaranya adalah matahari, planet-planet dan berbagai benda lain sepertiĀ  meteor, komet, asteroid, satelit dan lain sebagainya.

Pengertian sistem tata surya menurut ilmu astronomi, sistem tata surya kita adalah salah satu dari beberapa sistem tata surya yang ada di alam semesta. Dari sekian banyak sistem, masing-masing memiliki karakter tersendiri dan berbeda.

Sumber kehidupan dari sinar dan cahaya matahri juga merupakan sumber energi bagi sistem tata surya. Maka, sistem tata surya matahari adalah sebutan untuk sistem tata surya kita atau bisa disebut dengan solar system.

Sistem tata surya juga dapat dikatakan sebagai semua benda-benda yang ada di langit seperti matahari, planet, satelit, asteroid, satelit, dan lain sebagainya yang ada di langit. Semua sistem tata surya terbentuk secara teratur dengan semua objek yang ada dilangit terikat gaya gravitasi matahari.

Sistem tata surya juga mempunyai susunan yang terdiri dari benda-benda langit seperti yang telah disebutkan tadi. Perlu diketahui bahwa tata surya kita setidaknya memiliki diameter kurang lebih 30 tahun cahaya, perlu diketahui jarak pertahun cahaya selama satu tahun adalah 9,46 triliun km.


Baca Juga :