Pengertian Sejarah Pendidikan Islam

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah pendidikan islam, terdiri dari tiga kata yaitu sejarah, pendidikan dan Islam. Kata sejarah dalam bahasa Arab disebut tarih, dalam arti bahasa berarti ketentuan masa, sedangkan dalam arti istilah berarti keterangan yang terjadi pada masa lampau. Dalam bahasa Inggris sejarah disebut history yang berarti pengalaman masa lampau umat manusia.[2]

Dalam KBBI, Poerwadarminta mengemukakan bahwa sejarah itu mengandung tiga pengertian, yaitu:

  1. Kesusastraan lama, asal usul dan silsilah.
  2. kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  3. ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Dari segi bahasa, pendidikan berasal dari kata education yang berarti pengembangan, pengajaran, perintah, pembinaan dan menumbuhkan. sedangkan dalam bahasa Arab kata pendidikan merupakan terjemahan dari kata al-tarbiyah yang berarti proses menumbuhkan dan mengembangkan potensi yang terdapat pada diri sesorang baik secara fisik, psikis, sosial maupun spiritual.

Adapun menurut para ahli definisi pendidikan adalah:

  1. Menurut Omar Muhammad al-Toumy al-Syaibani, bahwa pendidikan adalah proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitarnya dengan cara pengajaran.
  2. Hasan Langgulung, bahwa pendidikan merupakan suatu proses yang mempunyai tujuan yang biasanya diusahakan untuk menciptakan pola_pola tingkah laku tertentu pada kanak-kanak atau orang yang sedang di didik. [3]

Secara harfiah, Islam berasal dari bahasa Arab yaitu salima yang berarti terjaga, terpelihara dan pengabdian. [4]

Jadi Sejarah Pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek atau komponen pendidikan yang pernah terjadi dan dilakukan oleh umat Islam dengan berpedoman pada ajaran yang terkandung didalam Al-Quran dan Al-Sunnah serta sumber-sumber lainnya yang tidak bertentangan dengan Al-Quran dan Al-Sunnah tersebut.[5] Atau dapat diartikan bahwa sejarah pendidikan Islam (Tarihut Tarbiyyah Islamiyyah) itu sebagai berikut:

  1. Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu yang lain, sejak zaman lahirnya Islam sampai dengan masa sekarang.
  2. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang.[6]

 

  1. Objek Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah biasanya ditulis dan dikaji dari sudut pandang suatu fakta atau kejadian tentang peradaban bangsa. Maka objek Sejarah Pendidikan Islam mencakup fakta-fakta yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam baik informal maupun formal. Dengan demikian dapat diperoleh “sejarah serba objek”. Dalam hal ini sejalan dengan peranan agama Islam sebagai agama da’wah menyeru kebaikan dan mencegah pada kemunkaran, menuju kehidupan yang sejahtera baik lahir maupun batin. Namun sebagai cabang ilmu pengetahuan, objek sejarah pendidikan Islam umumnya tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan dalam objek-objek sejarah pendidikan, seperti mengenai sifat-sifat yang dimilikinya.

baa juga :