Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik Indonesia

Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik Indonesia

Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik Indonesia

Konsep atau makna kesadaran dapat diartikan sebagai sikap perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri dengan dilandasai suasana hati yang ikhlas/rela tanpa tekanan dari luar untuk bertindak yang umumnya dalam upaya mewujudkan kebaikan yang berguna untuk diri sendiri dan lingkungannya.

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Indonesia mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.

Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara kepada pemuda merupakan hal penting yang tidak dapat dilupakan oleh bangsa ini, karena pemuda merupakan penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalan panjang bangsa ini. Kesadaran berbangsa dan bernegara ini jangan ditafsir hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam implementasinya, pemuda lebih kreatif menerapkan arti sadar berbangsa dan bernegara ini dalam kehidupannya tanpa menghilangkan hakekat kesadaran berbangsa dan bernegara itu sendiri.

Makna Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Kesadaran adalah sikap yang tumbuh dari kemuan diri yang dilandasi hati ikhlas tanpa ada tekanan dari luar. Bangsa adalah orang-orang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, sejarah juga berpemerintahan sendiri. Sedangkan berbangsa adalah manusia yang memeiliki landasan etika, bermoral dan berakhlak mulia dalam bersikap mewujudkan makna sosial dan adil.

 Negara adalah organisai dari kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakai adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan kelompok manusia tersebut. Adapun bernegara adalah manusia dengan kepentingan sama, menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta dalam wilayah Indonesia dan mempunyai cita-cita berlandas niat bersatu secara emosional dan rasional dalam membangun nasionalisme secara elektrik ke dalam sikap perilaku anatar suku, ras, agam, keturunan, adat, bahasa dan sejarah. .

Kesadaran berbangsa adalah tingkah laku, sikap dan kehidupannya sesuai dengan kepribadian bangsa, mengaitkan dengan cita-cita dan tujuan bangsa. Jadi kesadaran berbangsa dan bernegara indonesia bermakna individu yang hidup dan terikat dalam naungan NKRI harus memiliki sikap perilaku yang tumbuh atas kemuan sendiri yang dilandasi dengan ikhlas.

sumber :

Clumsy Ninja 1.31.0 Apk + Data + MOD APK