Pengertian Paru-Paru, Fungsi, Macam, Struktur dan Anotomi

Definisi paru-paru

pengertian-paru-paru

Paru-paru secara anatomis dikenal sebagai pulmo. Pulmo ini merupakan organ khusus yang bertanggung jawab untuk proses pernafasan (sistem pernafasan pada manusia) dan juga terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan (paru-paru kanan) dan paru-paru kiri (paru-paru) – paru-paru kiri). Selain itu paru-paru juga terhubung dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) dan juga dengan sistem ekskresi (ekskresi bahan limbah).

Bagaimana sistem pernapasan bekerja

Pada saluran pernafasan manusia terdapat organ-organ berupa saluran nafas, pembuluh darah paru, paru-paru dan juga otot pernafasan. Organ-organ ini bertanggung jawab membantu tubuh bertukar gas. Ada dua pertukaran gas yaitu antara udara dan darah serta antara darah dan sel di seluruh tubuh. Pada dasarnya, mereka membantu mendistribusikan udara ke seluruh bagian tubuh.

Ada juga organ yang disebut alveoli dan kanal alveolar (kanal). Alveoli berbentuk seperti tanaman merambat yang saling menempel. Bersama dengan saluran alveolar, alveoli ini bertanggung jawab untuk pertukaran gas dalam tubuh.

Fungsi organ pernafasan tidak hanya berperan dalam pertukaran udara dan gas, tetapi juga menyaring, melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, sistem pernafasan ini juga berperan dalam menjaga dan menyeimbangkan kondisi di dalam tubuh agar tetap stabil. Dalam istilah medis, kemampuan untuk mengimbangi kondisi ini disebut homeostasis.

READ  Jenis media pembelajaran: peran, fungsi, faktor kegunaan

Struktur paru-paru

Di bawah ini adalah struktur paru-paru yang meliputi:

1). batang tenggorok

Trakea ini adalah saluran pernapasan bagian bawah yang berlanjut dari laring dan memasok udara ke pulmo untuk melalui proses yang disebut difusi. Terletak di mediastinum atas (area kompartemen antara 2 (dua) rongga paru di area dada) dan terdiri dari cincin trakea, yang terdiri dari tulang rawan (cartilage) dan juga menempati bagian tengah leher.

2). Bronchi

Bronkus ini merupakan kelanjutan dari trakea berupa saluran udara dan difusi oksigen-karbondioksida di ujung terminal yang bersentuhan langsung dengan alveoli. Bronkus prinsipal (bronkus primer) ini terdiri dari prinsipalis bronkus kanan (yang mengarah ke paru kanan) dan juga prinsipalis bronkus.

Inistra (yang akan mengarah ke Pulmo Sinistra). Perbedaan antara Principalis Bronchus adalah sebagai berikut:

Bronkus utama di sebelah kanan
Diameternya lebih lebar, ukurannya lebih pendek dan lebih vertikal
Bronchus Principalis Sinistra
Diameternya lebih kecil, ukurannya lebih panjang dan agak horizontal

3). alveolus.dll

Unit fungsional paru-paru adalah kantung udara kecil yang muncul dari bronkiolus yang dikenal sebagai alveoli. Ada sekitar 300-400.000.000 alveoli di paru-paru orang dewasa. Diameter rata-rata alveoli ini sekitar 200 hingga 300 mikrometer. Fungsi dasar dari alveoli itu sendiri adalah pertukaran gas. Struktur alveolar merupakan tempat terjadinya pertukaran gas pernafasan. Struktur ini dikelilingi oleh kapiler pembawa darah. Pertukaran karbon dioksida dalam darah dari kapiler ini terjadi melalui dinding alveolar. Alveoli ini mulai berfungsi saat kita menarik napas melalui hidung.

Bagian paru-paru

Di bawah ini adalah bagian dari paru-paru termasuk yang berikut ini.

1). Bronchi

Cabang bronkus ini keluar dari batang yang menghubungkan paru-paru kiri dan kanan serta trakea. Bronkus ini terdiri dari tulang rawan dan selaput lendir serta otot polos. Tulang rawan ini berguna sebagai perancah bronkial selaput lendir untuk menghasilkan lendir yang memerangkap partikel asing yang masuk ke paru-paru, serta otot polos sehingga kita dapat bernafas secara otomatis tanpa disadari.

READ  Firewall adalah: definisi, jenis, fungsi, penggunaan, rute

2). Bronkiolus

Bronkiolus adalah cabang bronkial yang membuka ke alveoli. Struktur bronkus tidak memiliki tulang rawan dan silia dan akhirnya terdiri dari jaringan epitel persegi panjang ciliata.

3). alveolus.dll

Alveoli menukar oksigen dan juga menyebarkan karbon dioksida. Struktur alveolar ini terdiri dari selaput tipis dan juga terdapat banyak kapiler darah. Dalam darah alveolar, karbon dioksida melepaskan karbon dioksida ke udara dan kemudian menghilangkan oksigen dari udara.

4). Pleura

Pleura adalah selaput yang melapisi paru-paru. Struktur tasnya halus dan licin. Fungsi pleura adalah mengurangi gesekan saat paru-paru mengembang atau berkontraksi.

5). selaput

Diafragma ini merupakan serat otot yang membentuk batas antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga berperan penting dalam pernapasan perut. Diafragma ini terdiri dari otot dan pembuluh darah serta saraf yang disebut saraf frenikus.

Fungsi paru-paru

Ada beberapa fungsi paru-paru, diantaranya sebagai berikut:

1). Peralatan Pernapasan

Fungsi pertama organ paru-paru manusia adalah menukar gas oksigen dengan karbon dioksida. Orang bernafas dengan menghirup udara yang merupakan oksigen dan mengeluarkan dari nafas disebut karbondioksida.

2). Kontrol pH darah

Metode mengubah tekanan CO2 ini dapat mengontrol pH darah per menit karena kecepatan dan kedalaman pernapasan memengaruhi peningkatan atau penurunan karbondioksida dan darah.

3). Sebagai eskalator siliaris

Ini bertindak sebagai tangga siliaris yang melindungi dari infeksi udara. Semua partikel seperti debu dan bakteri terperangkap di lapisan mukosa di permukaan lapisan saluran udara.

4). waduk

Penampung darah dalam tubuh ini merupakan salah satu fungsi paru-paru manusia, dimana total volume paru-paru kurang lebih 450 ml atau 4.500 cm³. Volume diambil dari jumlah volume yang tersisa ditambah dengan kapasitas vital.

READ  Kumpulan Contoh Soal Recount Text Beserta Kunci Jawaban

5). Lapisan pelindung

Fungsi organ paru-paru manusia juga bisa melindungi hati dari shock. Hal ini disebabkan letak hati yang berada di bawah paru-paru, sehingga organ pernafasan dapat dengan baik melindungi hati dari berbagai jenis guncangan akibat gerakan tubuh.

6). Mencegah polutan masuk

Udara yang kita hirup tentunya belum sepenuhnya bersih. Saat hidung kita bernafas, partikel kecil pasti masuk ke dalam tubuh. Namun, partikel tersebut berhenti di lapisan dahak, lendir, dan lendir, sehingga membatasi bagian dalam kantung pernapasan manusia.

7). Generator suara vokal

Zat dalam tubuh yang tidak digunakan oleh paru-paru akan dibuang melalui sistem ekskresi. Sistem ini terjadi melalui pernafasan, yaitu melalui pelepasan karbon dioksida dan uap air. Fungsi lain yang membantu produksi suara oleh pita suara adalah suara vokal.

Demikian penjelasan tentang pengertian paru-paru, fungsi, struktur, fungsi dan bagian-bagiannya, semoga apa yang diuraikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :