Pengertian GIS Menurut Ahli (Terlengkap)

Pengertian GIS Menurut Ahli (Terlengkap)

GIS (Geography Information System) atau juga sering disebut sebagai SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan satu informasi yang diperoleh dalam bentuk data. Beberapa pengertian GIS menurut ahli (terlengkap) diuraikan sebagai berikut.

1. Anon (2002)

GIS menurut Anon (2002) merupakan suatu sistem informasi yang dapat memadukan antara data grafis (visual) dengan data teks (atribut) objek yang dihubungkan secara geografis di bumi (georeference).
2. Arronof (1989)

Arronof (1989) mengartikan GIS sebagai sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan engambilan kembali), memanipulasi dan analisi data, serta keluaran sebagai hasil akhir.

3. Awangga, R. M. (2019)
Pengertian GIS menurut Awangga, R. M. (2019) merupakan sebuah komputer yang berbasis sistem informasi digunakan untuk memberikan informasi bentuk digital dan analisis terhadap permukaan geografi bumi.
4. Barus & Wiradisastra (2000)
GIS adalah suatu sitem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain GIS adalah suatu sistem berbasis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja.
5. Bern (1992) dalam Prahasta (2001)
GIS menurut Bern (1992) adalah sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografis.
6. Burrough (1986)
GIS merupakan sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, mengelola, menganalisis, dan mengaktifkan kembali data yang mempunyai referensi keruangan untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemetaan dan perencanaan.
7. Chirsman (1997)
GIS diartikan sebagai sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia (brainware), organisasi dan lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan meyebarkan informasi-informasi mengenai daerah-daerah di permukaan bumi
8. Dangermond (1992)
GIS merupakan hasil kerja perangkat komputer, perangkat lunak, data geografi dan proses desain dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan-pekerjaan menyimpan, menganalisis, mengubah, dan manampilkan seluruh bentuk informasi tentang geografi.
9. Ekadinata et al. (2008)
Menurut Ekadinata et al (2008), pengertian GIS adalah sebuah sistem atau teknologi berbasis komputer yang dibangun dengan tujuan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menganalisa, serta menyajukan data dan informasi dari sutu obyek atau fenomena yang berkaitan dengan letak atau keberadaannya di permukaan bumi.