Pengertian Geopolitik

Pengertian Geopolitik

Pengertian Geopolitik

Pengertian Geopolitik

Geopolitik adalah sistem politik dalam wujud kebijaksanaan nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografiksuatu negara, yang apabila dilaksanakan akan berdamapak langsung kepada sistem politik negara.

Perjanjian Geopolitik Indonesia

  1. Aspek Historis Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh Spanyol, Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang dengan waktu 350 tahun. Hingga akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945, yang pernah memiliki wilayah terpisah karena Irian Barat di kuasi Belanda. Hingga RI berhasil merebutnya pada tahun 1963.
  2. Aspek Geografis dan Sosial Budaya Indonesia terdiri atas bangsa yang heterogen dan unik. Heterogen merupakan kepulauan, banyak pulau yang belum bernama juga belum berpenghuni. Sehingga resiko untuk dimiliki oleh negara orang lain terutama pulau kecil yang berbatasan dengan negara lain. Sebagai contoh : pulau Sipadan dan Ligitan yang berhasil menjadi milik Malaysia tahu 2000.
  3. Aspek Geopolitis dan Kepentingan Nasional
  • Geopolitik pertama kali diperkenalkan oleh Frederich Ratzel : Ilmu bumi politik. Geopolitik diartikan ilmu bumi politik mempelajari fenomena politik dari segi geografi.
  • Geopolitik memaparkan dasar pertimbangan dari aspek geografis dari aspek geografis dalam membentuk kebijakan nasional sehingga prinsip geopolitik menjadi dasar perkembangan wawasan nasional.
  • Wawasan nusantara dibangun atas dasar geopolitik bangsa Indonesia yang dikaitkan dengan poltik kekuasaan.
  • Salah satu kepentingan nasional dalam konsep wawasan Nusantara adalah mewujudkan tujuan nasional yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945. Sehingga hakikat wawasan nusanatar adalah keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah nasional.

baca juga :