PENGERTIAN ETIKA BISNIS

PENGERTIAN ETIKA BISNIS

PENGERTIAN ETIKA BISNIS

PENGERTIAN ETIKA BISNIS

Secara umum yang dimaksud dengan etika bisnis adalah suatu cara untuk melakukan semua kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek pada individu, perusahaan dan masyarakat yang saling berhubungan. Etika bisnis dalam suatu perusahaan ini dapat membentuk suatu nilai dan norma dalam mempengaruhi perilaku setiap karyawan dalam membangun hubungan tehadap pimpinan, mitra kerja, dan masyarakat.

Pengertian etika bisnis juga dijelaskan oleh beberapa ahli yaitu sebagai berikut:

1. MENURUT HILL AND JONES

Etika bisnis adalah ajaran yang dapat membedakan antara hal yang salah dan hal yang benar. Ajaran tersebut dapat diberikan sebagai bahan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan dalam setiap pertimbangan pengambilan keputusan strategis yang berhubungan dengan masalah moral yang kompleks.

2. MENURUT VELASQUES

Etika bisnis menurut Velasques adalah sebuah studi yang khusus mempelajari tentang moral yang benar dan yang salah. Studi ini difokuskan pada standar moral yang telah disepakati dan diterapkan dalam setiap kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

3. MENURUT YOSEPHUS

Yosephus menyebutkan bahwa etika bisnis merupakan applied ethics atau etika terapan. Hal ini berarti etika bisnis adalah penerapan prinsip-prinsip moral umum dalam setiap tindakan manusia di bidang ekonomi khususnya adalah bisnis. Sasaran etika bisnis menurut Yosephus adalah perilaku moral dari para pebisnis yang sedang melakukan kegiatan ekonomi.

4. MENURUT STEADE ET AL

Steade Et Al menjelaskan bahwa etika bisnis merupakan standar etika yang berhubungan dengan tujuan dan cara dalam membuat keputusan bisnis.


Sumber: https://www.reporte247.net/white-night-apk/