Pengertian dan Ciri-ciri Galaksi

Pengertian dan Ciri-ciri Galaksi

Pengertian dan Ciri-ciri Galaksi

Pengertian dan Ciri-ciri Galaksi

Pengertian Galaksi

Galaksi adalah kumpulan bintang, planet, gas, debu, nebula, dan benda-benda langit lainnya yang membentuk “pulau-pulau” di dalam ruang hampa jagat raya. Galaksi yang sudah diketahui manusia ada empat.
  1. Galaksi Bimasakti : Galaksi Bimasakti adalah galaksi yang kita tempati termasuk mahatari sebagai anggotanya. Galaksi Bimasakti dinamakan Milky Way dengan diameter 120.000 tahun cahaya berbentuk spiral.
  2. Galaksi Awan Magellan : Galaksi Awan Magellan adalah galaksi yang terdekat dengan Bimasakti. Jarak keduanya adalah 160.000 tahun cahaya.
  3. Galaksi Andromeda : Galaksi Andromeda berdiameter 180.000 tahun cahaya, jarak dengan Bimasakti adalah 2.200.000 tahun cahaya.
  4. Galaksi jauh : Galaksi jauh terletak lebih dari 10.000 tahun cahaya dari Bimasakti.

 

 

Ciri-ciri galaksi

1. Mempunyai cahaya sendiri.
2. Mempunyai bentuk-bentuk tertentu.
3. Antargalaksi berjarak jutaan tahun cahaya.
4. Galaksi lain terlihat di luar galaksi Bimasakti.

Galaksi Bimasakti

Galaksi Bimasakti disebut juga Milky Way (Inggris) dan De Melkweg (Belanda), astronom yang pernah menyelidiki galaksi ini di antaranya Kapteyn Seeliger, Charlier, dan Shapley. Galaksi Bimasakti dapat disimpulkan sebagai berikut.
  1. Inti Galaksi Bimasakti terletak di arah gugusan bintang sagitarius ± 35 juta tahun cahaya dari matahari.
  2. Bimasakti berbentuk keping atau roda cakram, dan porosnya sebagai inti sistem.
  3. Corak atau struktur spiral dengan massa lebih kurang 100 miliar massa matahari yang sebagian besar tidak terlihat dalam kabut gelap atau bintang yang hampir padam.
  4. Garis tengah susunan perbintangan 80.000–10.000 tahun cahaya dan tebalnya 3.000 tahun cahaya sampai mencapai 15.000 tahun cahaya di tengahnya.
  5. Matahari berada pada jarak 30.000–35.000 tahun cahaya dari pusat sistem galaksi.
  6. Matahari dengan bintang-bintang lain sebagai sistem lokal dalam ruang matahari berada. Kecepatan berputar 450 km/detik dalam waktu 225 juta tahun (kosmis) untuk sekali berputar lengkap.

 

Baca Juga Artikel Lainnya: