PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

  • Pengembangan pemasaran itu sendiri didukung oleh beberapa faktor, diantaranya penentuan harga jual yang telah kita bahas dalam artikel sebelumnya. Selain harga jual untuk memastikan keberhasilan suatu pemasaran salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan adalah segmentasi pasar. 
  • Menentukan segmentasi pasar adalah langkah yang harus dilakukan sebelum Anda menjual suatu produk dijual ke pasar. Hal tersebut terkait dengan penentuan sasaran yang dinilai prospektif dalam strategi pemasaran. Penentuan segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang prospek menjadi bagian kecil.

Berikut merupakan lima konsep pengembangan strategi pemasaran :

  • Segmentasi Pasar

Syarat segmentasi pasar yang efektif :

 

  1. Dapat di ukur (Measurability)

 

  1. Dapat di masuki (Accessibility)

 

  1. Cukup besar (Substantiality)

 

  1. Dapat di tindak – lanjuti (Actionability)
  • Poistioning Pasar

Memilih pola konsentrasi pasar khusus, yang memberikan peluang maksimum untuk mencapai tujuan.

1.Strategi Concentrated Marketing

 

  • Posisi kuat pada satu segmen

 

2.Strategi Differentiated Marketing

 

  • Posisi kuat pada beberapa segmen

Strategi Memasuki Pasar

Metode menjangkau segmen pasar sasaran :

– Membeli perusahaan lain yang sudah jalan

– Kerja sama dengan perusahaan lain

Strategi Penentuan Waktu

 

Penentuan waktu yang tepat untuk melaksanakan program pemasarannya sangat penting bagi perusahaan, tidak terlalu cepat tidak juga terlalu lama.

 

Strategi Bauran Pemasaran

 

Bagaimana menetapkan bentuk penawaran pada segmen tertentu mencakup :

– Kebijakan Produk

– Kebijakan Harga

– Kebijakan Distribusi

– Kebijakan Promosi

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11145-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli