Pendekatan Kontekstual atau CTL dalam Menulis

Pendekatan Kontekstual atau CTL dalam Menulis

Pendekatan Kontekstual atau CTL dalam Menulis

 

Pendekatan Kontekstual atau CTL dalam Menulis

 

Definisi Pendekatan Kontekstual atau CTL

Didalam pembelajaran memang ada banyak yang bisa digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan salah satunya yaitu mengenai pendekatan konstektual atau CTL yang merupakan bahan atau kajian dalam penelitian saya sewaktu menyelesaikan pendidikan strata 1 yang lalu.

Awalnya agak sulit merincikan mengenai pendekatan kontekstual atau CTL sebab dalam kajiannya memang pendekatan CTL ini merupakan kajian yang cukup umum atau general bukan kajian yang spesifik namun dalam penerapan pada pembelajaran menulis paragraf di SD telah terbukti cukup efektif dengan hasil pencapaian keberhasilan siswa lebih dari 50% dengan perhitungan metode penelitian menggunakan Uji-T seperti hasil abstrak skripsinya seperti berikut:

Penelitian ini bertujuan mendapatkan hasil belajar siswa dalam menulis paragraf pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan pendekatan  kontekstual (contextual teaching and learning/ CTL) di kelas IV SD Negeri 16 Indralaya Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pra-eksperimental, teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Sedangkan untuk analisis data digunakan perhitungan uji-t, jika thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tersebut signifikan. Dari perhitungan uji-t didapatkan hasil yaitu 7,3009, dimana –t tabel dengan db = 27 ialah 1,703. Hal ini berarti thitung>ttabel atau 7,3009>1,703 terdapat peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV SD Negeri 16 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.
Kata-kata kunci: keefektifan, pendekatan kontekstual (CTL), dan keterampilan menulis paragraf

Nah selanjutnya apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendekatan atau pembelajaran kontekstual itu menurut para ahli serta penulis? Tenang untuk informasi lengkapnya akan juga diberikan disini guna membantu sobat BioSanjaya.Com semua agar bisa digunakan sebagai refensi ulasan maupun referensi dalam penyusunan tugas akhir dan Skripsi.

Pengertian Pendekatan Kontekstual atau CTL

Menurut Muslich (2007:41) pembelajaran kontekstual atau contextual teaching and learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Lebih lanjut Komalasari (2010:7) menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun warga negara, dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual adalah konsep belajar atau pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam mengaitkan antara materi pembelajaran atau materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan, sekolah, masyarakat maupun warga negara, dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya dan menjadikannya dasar pengambilan keputusan atas pemecahan masalah yang  akan dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Karakteristik Pendekatan Kontekstual atau CTL

Menurut Muslich (2007:42) pembelajaran dengan pendekatan kontekstual mempunyai karakteristik sebagai berikut.

  1. Pembelajaran dilaksanakan dalam konteks otentik, yaitu pembelajaran yang diarahkan pada ketercapaian keterampilan dalam konteks kehidupan nyata atau pembelajaran yang dilaksanakan dalam lingkungan yang alamiah (learning in real life setting).
  2. Pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang bermakna (meaningful learning).
  3. Pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa (learning by doing).
  4. Pembelajaran dilaksanakan melalui kerja kelompok, berdiskusi, dan saling mengoreksi antar teman (learning in group).
  5. Pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan rasa kebersamaan, berkerja sama, dan saling memahami antara satu dengan yang lain secara mendalam (learning to know each other deeply).
  6. Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, produktif, dan mementingkan kerjasama (leaning to ask, to inquiry, to work together).
  7. Pembelajaran dilaksanakan dalam situasi yang menyenangkan (learning as an enjoy activity).

Komalasari (2010:13) mengidentifikasi karakteristik pembelajaran kontekstual meliputi pembelajaran yang menerapkan konsep keterkaitan (relating), konsep pengalaman langsung (experience), konsep aplikasi (applying), konsep kerja sama (coorperating), konsep pengaturan diri (self-regulating), dan konsep penilaian autentik (authentic assesment).

Berdasarkan pendapat di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang mempunyai ciri khusus dalam pelaksanakannya meliputi:  learning in real life setting, meaningful learning, learning by doing, learning in group, learning to know each other deeply, leaning to ask, to inquiry, to work together, dan learning as an enjoy activity dengan berpedoman pada konsep keterkaitan (relating), konsep pengalaman langsung (experience), konsep aplikasi (applying), konsep kerja sama (coorperating), konsep pengaturan diri (self-regulating), dan konsep penilaian autentik (authentic assesment) dalam penerapannya di kelas agar siswa mampu membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik dalam lingkungan, sekolah, masyarakat maupun warga negara.

Pendekatan Kontekstual atau CTL dalam Menulis

Sedangkan untuk melengkapi semua itu kami akan berikan rujukan sumber atau daftar pustaka dari yang telah dibahas tersebut yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam penyusunan tugas akhir berkaitan dengan pendekatan kontekstual atau CTL yang diantaranya adalah:

  • Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching; Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta:  PT. Raja Grafindo Persada
  • Dinas Diknas Provinsi. 2006. KTSP-SD. Palembang: Percetakan dan Penerbitan Dinas Diknas Provinsi
  • Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
  • Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual; Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengurus Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

 

Sumber : https://seputarilmu.com/