Definisi dan Contoh Paragraf Cause and Effect

Pengertian dan contoh paragraf sebab akibat dalam bahasa inggris

paragraf-cause-and-effect

Pengertian Sebab Akibat dan Contohnya dalam Bahasa Inggris – Di bawah ini adalah pembahasan lengkap bagian Sebab Akibat beserta contohnya untuk membantu para pengunjung setia SBI memahaminya.

definisi

Paragraf sebab akibat adalah jenis paragraf yang terdiri dari analisis penulis tentang sebab dan akibat. Paragraf ini dimulai dengan sebab-sebab yang tercantum di awal kalimat dan kemudian berlanjut ke kesimpulan umum yaitu akibat dari sebab-sebab yang dicantumkan.

Jenis paragraf sebab akibat ini biasanya digunakan saat menulis esai dan teks penjelasan. Karena paragraf jenis ini sudah dapat mewakili alur pemikiran yang jelas dan memiliki struktur sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami teks saat membacanya.

Paragraf sebab akibat memiliki susunan atau struktur generik sebagai berikut:

  • Memiliki pemikiran utama dalam kalimat subjek yang dibahas di seluruh isi seluruh paragraf.
  • Memiliki rincian yang mendukung atau frase yang mendukung dalam hal penyebab.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa konsekuensi.

Paragraf sebab akibat memiliki gaya bahasa sebagai berikut.

  • Dengan kata lain, penggunaan tenses yang bergantung pada konteks waktu dalam sebuah kalimat dapat berupa past, present atau future tense.
  • Banyak yang menggunakan kata kerja atau verba baik dalam kalimat aktif maupun pasif.
  • Gunakan kata transisi dalam bahasa Inggris seperti, karena, karena, sesuai, sebagai akibat dan sebab.
  • Gunakan sudut pandang orang ketiga.
READ  Pengertian toleransi: pandangan, harmoni, karakteristik

Contoh paragraf sebab akibat

Minuman fermentasi sangat berisiko bagi kesehatan kita. Ada sejumlah masalah yang disebabkan oleh cairan yang tidak aman ini. Pertama dan terpenting, itu bisa menyebabkan hati kita membengkak. Hal ini karena dapat membuat hati untuk memisahkan cairan dalam tubuh kita juga sehingga hati membengkak karena banyak mengandung cairan. Selain itu, minuman fermentasi berbahaya bagi pikiran manusia. Ini akan menurunkan kapasitas pikiran pecandu alkohol, sehingga meningkatkan kemungkinan kesedihan dan kekecewaan. Jika ini terjadi, perilaku pecandu alkohol akan berubah, bahkan jika dia mungkin kesal. Pada titik ini, alkohol juga mengurangi elemen kemampuan kita. Salah satunya adalah mata kita bisa menjadi buta total karena alkohol. Demikian juga minuman ini dapat mempercepat menopause pada wanita karena mengurangi kapasitas organ regeneratif pada wanita dengan tujuan agar mereka umumnya mengalami menopause lebih awal dari periodenya. Lagi pula, ia juga siap membuat ketidaksempurnaan pada embrio. Alkohol yang masuk ke jemaah ibu hamil juga berdampak pada anaknya, membuat mereka tidak bisa hamil. Dengan cara ini, aliran minum yang berlebihan ditolak di Indonesia karena menyebabkan beberapa infeksi yang tidak aman di dalam tubuh.
pentingnya

Konsumsi alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Pertama, alkohol bisa membuat hati membengkak. Hal ini karena alkohol dapat membuat hati bekerja ekstra untuk menyaring cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan hati membengkak karena mengandung banyak cairan. Bahaya kedua dari alkohol merusak otak manusia. Alkohol mengurangi fungsi otak pada pecandu alkohol dan meningkatkan risiko depresi dan frustrasi. Ketika ini terjadi, perubahan perilaku terjadi pada pecandu alkohol dan bahkan bisa menjadi gila. Alkohol kemudian juga mengurangi fungsi indera kita. Salah satunya adalah mata yang bisa buta akibat alkohol. Selain itu, alkohol juga dapat mempercepat menopause pada wanita, karena alkohol mengurangi fungsi organ reproduksi pada wanita sehingga menyebabkan mereka mengalami menopause lebih awal dari biasanya. Bahaya terakhir, alkohol juga bisa menyebabkan cacat pada janin. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil juga berdampak pada bayi di dalam kandungan sehingga menyebabkan mereka terlahir cacat. Oleh karena itu, peredaran minuman beralkohol dilarang di Indonesia karena dapat membuat tubuh sakit.

READ  Cara Menyatakan Cinta dalam Bahasa Inggris ( Expression of Love )

Demikianlah penjelasan pengertian dan contoh paragraf sebab akibat dalam bahasa inggris. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung setia SBI. 🙂

Sumber :