Pantai Plengkung (G-Land): Masuk, Lokasi, Surfing

Siapa yang tahu pantai mana yang pernah menjadi tuan rumah kompetisi selancar internasional World Surf League 2021? Jawabannya tentu saja Pantai Plengkung di Banyuwangi.

Pantai Plengkung (G-Land): Masuk, Lokasi, Surfing

Salah satu pantai terindah di Banyuwangi ini ternyata sangat terkenal dengan ketinggian ombaknya yang bisa mencapai 6 hingga 8 meter. Selain itu, potensi wisata pantainya pun tak kalah menarik.

Pantai-Plengkung-(G-Land)-Masuk-Lokasi-Surfing

Pantai yang memiliki nama lain G-Land ini selalu menjadi favorit para wisatawan, terutama wisatawan lokal maupun mancanegara yang gemar berselancar.

Nah, bagi anda yang mungkin belum pernah ke tempat wisata ini, berikut adalah gambaran singkat mengenai pantai cantik ini.

Sekilas tentang Pantai Plengkung

Pantai G-Land merupakan salah satu dari beberapa pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Nama pantai ini mulai dikenal di seluruh dunia beberapa tahun lalu karena pernah menjadi lokasi kompetisi selancar kelas dunia.

Pemilihan lokasi ini bukan tanpa alasan. Setelah beberapa kali survey, ternyata G-Land menjadi salah satu spot surfing terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Ombak di pantai ini cukup besar dan konsisten. Jenis gelombang ini diciptakan oleh arus yang mengalir dari Samudra Antartika ke Samudra Hindia. Padahal, gelombang yang dihasilkan sangat sempurna.

Dengan tinggi gelombang minimal 4 meter, maksimal 8 meter dan panjang gelombang 2 km, ombak di G-Land dinilai paling sempurna. Hal lain yang membuat peselancar dunia datang untuk berselancar di sini adalah ombak laut yang memiliki 7 lapisan ombak. Jenis gelombang ini merupakan jenis gelombang yang paling menantang.

READ  Realme Q6 Pro 5G Siap Rilis dengan Chipet SD 870 SoC

Sejarah nama G-Land

Di balik penyebutan G-Land, publik sepertinya sangat penasaran dengan arti atau singkatan huruf “G” pada nama G-Land. Ada yang mengatakan bahwa “G” disini adalah singkatan dari “Grajakan” yang artinya teluk. Ada juga orang yang mengatakan bahwa “G” di sini adalah singkatan dari “hijau”.

Namun ada sebagian orang yang beranggapan bahwa huruf “G” di G-Land merupakan singkatan dari “Great”, yang mengacu pada ombak laut yang besar. Dan yang terakhir “G” mengacu pada bentuk melengkung yang menyerupai huruf “G”.

Bagi penduduk setempat, kata “Plengkung” mendefinisikan bentuk pantai yang melengkung di sini.

Pendapat ini juga benar karena jika dilihat dari citra satelit, bentuk wilayah pesisir ini sebenarnya melengkung seperti huruf “G” terbalik.
Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Tiket wisata relatif murah. Harga tiket untuk turis domestik dan turis asing tentunya berbeda. Tiket ini sebenarnya tiket masuk kawasan Alas Purwo, bukan G-land.

Berikut rincian harga tiket masuk pantai Alas Purwo dan G-Land terbaru:
Pembalasan Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 15,000.00 per orang
Tiket masuk turis asing Rp. 150,000.00 per orang

Harga tiket di atas dapat berubah sesuai dengan peraturan pengelola. Kenaikan harga tiket juga dapat terjadi pada masa liburan puncak dan akhir pekan.
Atraksi Pantai Plengkung

Wisata Pantai Plenkung

Pantai dengan panorama yang sangat indah tentunya memiliki banyak daya tarik. Wisatawan juga bisa mencoba berbagai aktivitas menarik yang akan membuat liburan mereka tak terlupakan.

Seperti beberapa rangkaian atraksi dan aktivitas menarik berikut ini:
berselancar

Saat berkeliling di sekitar tempat wisata di Banyuwangi ini, ada banyak rekomendasi aktivitas menarik yang bisa kamu coba. Salah satu aktivitas yang aman dan wajib Anda coba adalah berselancar.

READ  Lagu Solo Bengawan Viral di Korea Selatan, Ini Penyebabnya

Namun, rekomendasi ini khusus untuk Anda yang tertarik untuk berselancar dan ingin belajar atau meningkatkan keterampilan berselancar Anda.

Bagi Anda yang tidak memiliki keterampilan dasar berselancar sama sekali, sebaiknya jangan mencobanya karena akan sangat berbahaya. Kecuali Anda belajar dari instruktur selancar profesional.

Oh ya, jika Anda tidak memiliki peralatan selancar, jangan khawatir. Ada banyak tempat untuk menyewa peralatan selancar seperti papan selancar dan kostum, seperti yang ada di pantai Padang-padang di Bali.
sepeda

Bersepeda bisa menjadi alternatif kegiatan seru lainnya selain berselancar. Bersepeda tentu akan terasa istimewa kali ini karena berada di pesisir pantai yang sangat indah.

Anda juga bisa memperpanjang jalur sepeda hingga jalan menuju Alas Purwo. Anda bebas menggunakan sepeda pribadi atau sepeda sewaan.

Jika ingin mencoba sepeda sewaan, Anda hanya perlu membayar biaya sewa sebesar Rp20.000 untuk 1 jam.
Area berburu Instagenic

Siapa yang tidak tergoda untuk berfoto selfie

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja