Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur

Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur

Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur

Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur
Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur

Untuk Membahas materi tentang menggunakan Komputer sesuai prosedur maka kita harus mengulasnya mulai dari

1. Mengaktifkan Komputer Sesuai Prosedur

2.Mematikan Komputer Sesuai Prosedur

3.Mengenal stabilizer

4. Mengenal Tombol ctrl-Alt-Del

Ok mari kita mulai dari. Mengaktifkan Komputer Sesuai Prosedur. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

CPU

Pastikan Komputer kaliar telah terbung dengan arus Listrik

Stabilizer

Nyalakan Stabilizer dengan menggeser Posisi saklar ke arah ON

CPU

Tekanlah tombol power yang terdapat pada kotak CPU

monitor

Tekanlah tombol power monitor untuk menyalakanya
Setelah komputer terhubung dengan arus listrik dan tombol powernya ditekan beberapa saat kemudian akan terlihat beberapa komponen-komponen komputer seperti keyboard, mouse, printer, usb external mulai menyala. Itu adalah tanda bahwa komputer sedang menguji baik tidaknya semua komponen yang sudah terpasang. proses menguji baik tidaknya semua komponen-komponen komputer dilakukan oleh perangkat lunak yaitu sistem operasi. Untuk mencegah hilangnya data atau informasi akibat putusnya arus listrik secara tiba-tiba, komputer dekstop dapat dihubungkan dengan sebuah peralatan bernama UPS (uninteruptible power suply). Jika listrik mendadak padam, maka UPS akan menggantikan fungsi listrik untuk sementara.

Mematikan Komputer Sesuai Prosedur

Jika masih ada program aplikasi yang masih terpasang, nonaktifkan atau tutuplah program aplikasi tersebut.
Setelah program aplikasi ditutup. Tutuplah sistem operasi windows. Caranya klik mouse pada taksbar start yang ada dipojok kiri bawah,kemudian pilih icon turn off komputer yang terletak dibaris paling bawah Kemudian klik turn off.

Mengenal Stabilizer

Stabilizer adalah alat bantu yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke komputer kalian.

Mengenal Tombol ctrl-Alt-Del

Jika Anda terbiasa menggunakan Komputer atau laptop yang berbasis Windows, tentu Anda mengenal kombinasi tombol Control-Alt-Delete. Mungkin Anda juga pernah berpikir, mengapa harus memencet kombinasi tiga tombol itu secara bersamaan?
Bill_gates
Bill Gates
Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, baru-baru ini, mengakui bahwa hal itu adalah kesalahannya. The Verge melaporkan, dalam sebuah kampanye penggalangan dana di Universitas Harvard, dia mengatakan, “Kami sebenarnya bisa mendapat satu tombol, namun pendesain keyboard di IBM tak mau memberikan satu tombol itu pada kami.” Orang yang dimaksud Gates adalah David Bradley, seorang insinyur yang bekerja di IBM –pada saat itu. Dialah yang menciptakan kombinasi tombol ctrl-alt-del tersebut. Bradley mengatakan, “Meski saya yang menciptakan kombinasi tersebut, namun Bill (Gates)-lah yang mempopulerkannya.” Menurut Gates, kombinasi tombol tersebut sejatinya didesain untuk mencegah aplikasi lain untuk memalsukan laman login dan mencuri password. Di Windows NT, pengguna memang dipaksa untuk menekan kombinasi tersebut untuk bisa login ke PC. Kini, kombinasi ctrl-alt-del masih digunakan di Windows 8, untuk mengunci PC, ataupun mengakses task manager.

Baca juga: