Melakukan Review Teknis atas Laporan Keuangan

Melakukan Review Teknis atas Laporan Keuangan

Melakukan Review Teknis atas Laporan Keuangan
Melakukan Review Teknis atas Laporan Keuangan
Kebanyakan kantor akuntan publik memiliki daftar pengecekan laporan keuangan detail yang dikerjakan oleh auditor yang melakukan review atas laporan keuangan. Daftar pengecekan yang telah dirampungkan selanjutnya direview kembali oleh manajer atau partner yang ditunjuk dalam penugasan yang bersangkutan. Daftar pengecekan meliputi hal-hal yang berhubungan dengan bentuk dan isi setiap bagian pokok laporan keuangan beserta pengungkapan-pengungkapannya.
Merumuskan Pendapat dan Membuat Konsep Laporan Audit
Sebelum sampai pada keputusan akhir tentang opini yang akan diberikan, biasanya klien menyelenggarakan pertemuan dengan auditor. Dalam pertemuan tersebut auditor melaporkan temuan-temuan secara lisan dan memberikan alasan atas usulan penyesuaian dan/atau tambahan pengungkapan. Sebaliknya, manajemen biasanya bertahan dengan pendapat atas kemauannya. Apabila pada akhirnya dicapai kesepakatan untuk melakukan perubahan, maka auditor bisa memberi pendapat wajar tanpa pengecualian. Namun apabila tidak dicapai kesepakatan, maka auditor harus memberi pendapat lain selain pendapat wajar tanpa pengecualian.
Melakukan Review Akhir atas Kertas Kerja
Review yang dilakukan partner atas kertas kerja dimaksudkan untuk mendapat jaminan bahwa:
  1. Pekerjaan yang dilakukan oleh para bawahan telah dilakukan dengan cermat dan teliti.
  2. Pertimbangan yang diberikan oleh bawahan cukup beralasan dengan tepat sesuai dengan keadaan yang dihadapi.
  3. Penugasan audit telah selesai dikerjakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam perjanjian kerja.
  4. Semua persoalan akuntansi, pengauditan, dan pelaporan yang menimbulkan pertanyaan yang signifikan selama audit berlangsung telah terpecahkan dengan memuaskan.
  5. Kertas kerja mendukung pendapat auditor.
  6. Standar auditing dan kebijakan serta prosedur pengendalian mutu yang berlaku di kantor akuntan publik yang bersangkutan telah terpenuhi.

Baca Juga :