Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit
Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Nanas atau nenas (Ananas comosus (L) Merr) Adalah sejeins tumbuhan tropis yang berasal dari (Barzil, Bolivia, dan Paraguay). Tumbuhn nanas ini termasuk dalam familia Nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (Habitus) Tumbuhan rendah, Herba (Menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Dalam bahasa inggris buahnya di sebut sebagai (pineapple) Karen bentuknya yang seperti pohon Pinus. Nama nanas berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah nanas tersebut.

Berikut dibawah ini beberapa khasiat buah nanas yang masak.

1. Bersifat dingin.
2. Bisa mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan.
3. Membantu pencernaan makanan di lambung.
4. Antiradang.
5. Peluruh kencing (Diuretik).
6. Membersihkan jaringan kulit yang mati.
7. Mengatasi pertumbuhan Sel-sel kanker.
8. Menghambat penggumpalan trombosit.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan buah nanas sebagai berikut :

1. Air perasan buah nanas (Jus)

Cacingan, Radang tenggorokan, Beri-beri, Menurunkan berat badan, Masalah pencernaan.

2. Daun Nanas Dapat Menyembuhkan luka bakar, Gatal dan bisul

Daun nanas di cuci bersih, Kemudian di tumbuk hingga halus, Balutkan pada yang sakit untuk luka bakar, Gatal dan bisul.

3. Ketombe

Sediakan 1/4 buah nanas yang masak, kemudian dikupas kulitnya, lalu di parut, peras dan saring. Kemudian tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan pada malan hari sebelum tidur, Dan keesokan paginya keramas dengan shampo, Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

4. Peradangan kulit

Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak, dikupas kulitnya lalu diparut. Kemudian hasil parutan tersebut dipergunakan untuk menggosok kulit yang bersisik dan kulit yang mengelupas. Lakukan 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur. keesokan paginya dicuci bersih. Lalkukan setiap hari hingga sembuh.

5. Sembelit

Minum air perasan dari 3 biah nanas, Namun pilihlah buah nanas yang belum matang (Separoh matang) dengan sedikit Asam.

6. Menurunkan tekanan darah

Buah nanas bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehinggg tidak terjadinya penimbunan pada pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

7. Menurunkan barat badan

Enzim proteiolitik pada pada buah nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuah bersama feses. Selain dari itu, Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas juga menggiatkan proses pembakaran lemaksehingga tidak menumpuk dalam tubuh.

8. Mengobati asam urat

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat tersebut. Namun jangan mengkomsumsi buah nanas terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat tersebut.

9. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat dan vitamin C pada buah nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk dibuah keluar tubuh. Enzim protease pada bromelainya mampu menceerna protein.

Sumber: https://www.bertani.co.id