Manajemen Ibu Rumah Tangga Dalam Membina Akhlak Ketika Menghadiri Kegiatan Di luar Rumah

              Pengertian pembinaan adalah segala usaha yang dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran memelihara secara terus menerus terhadap tatanan nilai agama agar segala perilaku kehidupannya senantiasa di atas norma – norma yang ada dalam tatanan itu.

Lima ciri yang terdapat dalam perbuatan akhlak

  1. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang telah tertanam kuat dalam jiwa seorang, sehingga telah menjadi kepribadiannya.
  2. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan dengan mudah dan tanpa pemikiran, ini tidak berarti bahwa pada saat melakukan sesuatu perbuatan, yang bersangkutan dalam keadaan sadar, hilang ingatan, tidur atau gila.
  3. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan atas dasar kemauan, pilihan dan kepuasan yang bersangkutan. Oleh karena itu jika ada seseorang yang melakukan suatu perbuatan, tetapi perbuatan tersebut dilakukan karena paksaan, tekanan dan ancaman dari luar, maka perbuatan tersebut tidak ke dalam akhlak dari orang yang melakukannya.
  4. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan dengan sesungguhnya, bukan main – main atau karena bersandiwara.
  5. Sejalan dengan ciri yang keempat, perbuatan akhlak ( khususnya akhlak yang baik ) adalah perbutan yang dilakukan karena ikhlas semata – mata kerena Allah, bukan karena ingin dipuji orang atau karena ingin mendapatkan suatu pujian. Seseorang yang melakukan perbuatan bukan atas dasar karena Allah tidak dapat dikatakan perbuatan akhlak.

        Akhlak terhadap masyarakat adalah sekumpulan keluarga dapat bertempat dalam suatu tempat tertentu. Dalam masyarakat itu hidup berdampingan dengan orang lain. Dalam menjalani hidup di dunia ini, kita tidak akan bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari tanpa bantuan orang lain.

1)      Kegiatan kebahagiaan ( pesta )

        Ibu rumah tangga juga berperan dalam dalam membina suasana keakrapan dalam hubungan social, seperti melibatkan diri dalam suatu kegiatan di lingkungan tempat tinggalnya. Sebagai seorang ibu rumah tangga haruslah mampu menjaga kepercayaan suaminya serta menjaga kehormatan suaminya. Menghadiri suatu pesta sebgai tanda menghormati dan tenggang rasa terhadap sesame anggota masyarakat. Saling tolong menolong apabila ada yang membutuhkan. Menunjukkan wajah yang jernih kepada mereka ( orang – orang di sekitar lingkungan masyarakat ).

sumber :