Kue Ku Jajanan Supaya Panjang Umur

Kue Ku Jajanan Supaya Panjang UmurKue Ku Jajanan Supaya Panjang Umur

Kue Ku.

Jajanan tradisional yang kerap melengkapi sajian jajanan pasar ini ternyata aslinya dari Tiongkok. Saya baru mengetahuinya. Saya pikir ini jajanan tradisional asli Indonesia. Seperti jajanan pasar lainnya.

Bagi saya tak masalah darimana pun asalnya. Selama enak dan halal, tentu menjadi incaran saya. Dan kue ku ini memang salah satu jajanan pasar yang saya suka.

Kue berbahan dasar tepung ketan dan diberi isi kacang hijau ini, nama aslinya Ang Ku Kueh. Artinya kura-kura merah. Oleh karena itu kue ku yang banyak dijumpai warnanya merah dan bentuknya seperti kura-kura.

Masyarakat Tiongkok percaya, jika memakan kue ku akan panjang umur. Jadilah kue ku ini semacam kudapan wajib bagi masyarakat Tiongkok dimana pun berada.

Dalam perkembangannya bentuk kue ku dimodifikasi dalam aneka cetakan dan warna. Seperti bentuk buah-buahan yang beraneka warna. Untuk isi tetap dipertahankan. Yakni kacang hijau kupas yang dilembutkan seperti halnya isi dari kue onde-onde.

Untuk penyajian, biasanya dialasi dengan daun pisang yang diolesi sedikit minyak. Gunanya agar kue ku tidak lengket. Karena memang bahan dasar untuk kulit kue ku adalah tepung ketan yang dicampur dengan kentang atau ubi.

Sudah pernahkah Anda mencoba? Jika belum, wajib mencobanya. Karena kue ku merupakan jajanan pasar yang menarik untuk dinikmati. (Denik)

 

Sumber: https://rakyatlampung.co.id/asus-luncurkan-vivobook-bersistem-operasi-endless-os/