Kinerja Perusahaan dan Analisis Laporan Keuangan

Kinerja Perusahaan dan Analisis Laporan Keuangan

Kinerja Perusahaan dan Analisis Laporan Keuangan

Kinerja Perusahaan dan Analisis Laporan Keuangan

Tingkat kesehatan merupakan

alat ukur yang digunakan oleh para pemakai laporan keuangan dalam mengukur kinerja suatu perusahaan. Performansi suatu perusahaan dapat dilihat melalui laporan keuangan, dari laporan keuangan tersebut dapat diketahui keadaan finansial dari hasil- hasil yang telah dicapai perusahaan selama periode tertentu. Menurut Harington (2003:1), menyebutkan bahwa :
”The primary resources of information these analyst use to evaluate a firm performance are it’s financial statement, the historical record of it’s past performance.”
Kesimpulan dari pernyataan diatas adalah bahwa tingkat kesehatan perusahaan dapat diketahui melalui analisis atau interpretasi terhadap laporan keuangan.
Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui prestasi dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, sehingga dapat menggunakannya sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Interpretasi atau analisis laporan keuangan suatu perusahaan adalah sangat penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan yang bersangkutan meskipun kepentingan mereka masing-masing berbeda.
Selanjutnya dikatakan pula oleh Harington ( 2003:1), bahwa :
” The financial performance of corporation is a vital intens to many groups and individual.”
Dari pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan yang tergambar dalam laporan keuangan menjadi perhatian utama bagi para pemakai laporan keuangan tersebut.
Hubungan antara kesehatan perusahaan dengan analisis laporan keuangan adalah seperti dikemukakan oleh Martin ( 2002:421), yaitu :
”Financial analysis involves the assesment of a firm past, present, anticipated future financial condition the objective is to identity any weakness in the firm’s financial health that could lead to future problems and to determine any strength the firm’s might capitalize upon.”
Dari pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa :
kinerja perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan dan selanjutnya dari kinerja tersebut dapat ditentukan tingkat kesehatan perusahaan tersebut, yaitu dengan cara melakukan analisis atau interpretasi terhadap laporan keuangan.
Kinerja perusahaan merupakan informasi yang dibutuhkan oleh pihak- pihak yang berkepentingan dengan perusahaan, untuk membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.
Dari hasil analisis terhadap kinerja perusahaan maka dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan untuk mengatasi kondisi keuangan di masa yang akan datang.
Sebagaimana diuraikan dimuka bahwa analisis terhadap laporan keuangan adalah membandingkan elemen- elemen yang terdapat dalam neraca dan laporan laba rugi pada suatu saat tertentu, maka dapat diperoleh gambaran mengenai kinerja perusahaan.
Sehubungan dengan itu maka pimpinan perusahaan dapat mengadakan perbaikan-perbaikan, penyusunan rencana dan kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang dan juga untuk dapat mempertahankan bahkan meningkatkan atas hasil-hasil yang telah dicapai pada periode sebelumnya.