KESEHARIAN SEORANG TEKNIK MESIN

KESEHARIAN SEORANG TEKNIK MESIN

KESEHARIAN SEORANG TEKNIK MESIN

KESEHARIAN SEORANG TEKNIK MESIN
KESEHARIAN SEORANG TEKNIK MESIN

Tidak ada hari-hari biasa untuk seorang insinyur mekanik. Sebuah proyek mesin adalah kegiatan yang sering melibatkan puluhan orang di dalam dan di luar perusahaan. Sebuah proyek membutuhkan keterampilan yang berbeda dan orang-orang pada waktu yang berbeda pula. Masalah-masalah dan tantangan sangat banyak dan berkembang sepanjang proyek. Sulit untuk menggambarkan hari-hari biasa dalam situasi seperti ini. Harus ada banyak komunikasi baik itu di telepon, melalui e -mail, dalam pertemuan, telekonferensi, memo, dan laporan. Tidak ada insinyur yang dapat bekerja sendirian. Pekerjaan ini merupakan sebuah olahraga yang menuntut kekompakan.

Ada beberapa pekerjaan dalam seminggu, beberapa dalam tiga bulan atau satu tahun, dan pekerjaan tersebut bias saja ada dalam waktu yang bersamaan. Jerih payah dapat berubah sebagai penghasilan atau dapat berupa hambatan. Perbedaan dan tantangan adalah salah satu penyebab insinyur mekanik suka pekerjaan mereka.

ü  Pekerjaan Pertama dan Kesulitannya

Apa yang akan anda lakukan? Dalam pekerjaan pertama mereka, sekitar setengah dari insinyur teknik mesin saat ini berfokus pada bentuk rekayasa desain dan beberapa dari mereka menyukai pekerjaan ini. Memproduksi, pengelolaan, dan perencanaan adalah bentuk dari desain mekanik. Ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang dapat memperluas, untuk desainer mekanik yang sering bekerja dalam tim yang terdiri dari insinyur dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja dalam mendesain, memproduksi, pengujian , penjualan dan pelayanan, keuangan, latar belakang hukum dan pemasaran dan proyek dan manajemen perusahaan. Solusi untuk masalah mungkin memerlukan ilmu dari hal-hal baru di bidang lain yang dapat membantu untuk mengembangkan pilihan karir yang mungkin tidak jelas ketika anda baru memulainya. Beberapa insinyur mekanik belum siap dengan tanggung jawab yang ditanggung pada pekerjaan pertama mereka . Tidak ada yang mengharap anda akan mengetahui segala sesuatu pada hari pertama, tetapi anda akan diharapkan untuk belajar dengan melakukan pekerjaan tersebut, meningkat dan tumbuh berkembang. Anda tidak akan melakukan hal ini sendirian, karena banyak pekerjaan anda yang akan melibatkan interaksi dengan manajer dan anggota tim proyek Anda.

ü Tidak Ada Resep Solusi

Program dan proyek di teknik mesin akan memperkenalkan anda dengan cara teknik mesin, tapi pengalaman anda akan bercampur. Di dunia nyata, anda akan menemukan bahwa itu bukan hanya masalah menerapkan rumus atau teori. Sebagian besar masalah hanya tidak akan memiliki “buku resep” solusi, sehingga anda harus memanfaatkan semua ilmu dan pengalaman anda, dan anda akan secara rutin belajar akan hal-hal baru untuk memecahkan masalah. Ini akan menjadi sebuah tantangan, tetapi juga merupakan sumber kepuasan saat anda bergerak maju.

ü Kepuasan

Insinyur mekanik sangat menikmati dalam membuat kontribusi untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Apakah itu meningkatkan kinerja dan keamanan mobilitas, atau yang terbaru dalam peralatan diagnostik medis atau mesin turbin gas. Insinyur mekanik menikmati karena menjadi bagian dari solusi sebuah masalah penting. Menemukan kepuasan dalam mengatasi rintangan, apakah mereka bersifat teknis, keuangan, hukum, atau manajerial merupakan pusat jiwa seorang insinyur teknik mesin. Banyak menemukan kepuasan dalam berbagai pekerjaan yang mereka lakukan, peluang untuk melakukan perjalanan baru dan bertemu orang-orang baru, penyelesaian proyek, dan pengetahuan bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk itu hanya kepuasan melihat desain mereka dalam diproduksi, digunakan, dan dinikmati oleh orang-orang.

ü Tantangan

Insinyur teknik mesin pasti berkembang dalam memecahkan masalah yang kompleks. Ini bukan masalah teknis semata, insinyur mekanik berurusan dengan persyaratan manajemen, kebutuhan pelanggan yang unik, anggaran dan kelegalan, masalah lingkungan dan sosial, serta perubahan teknologi. Ini adalah pelatihan insinyur mesin dalam matematika, ilmu pengetahuan, teknik fundamental, dan aplikasi komputer yang menyediakan kemampuan untuk mengantisipasi dan merespon sebuah perubahan. Untuk insinyur yang bekerja, kuncinya adalah tetap mengikuti teknologi yang sedang berkembang.

ü Teknik Sarana Bisnis

Teknik mesin dan bisnis memiliki hubungan yang erat. Insinyur mesin mengembangkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan tujuan biaya akan diidentifikasi oleh manajemen perusahaan. Insinyur mesin menyarankan manajer keuangan dan pemasaran pada kelayakan inisiatif baru, dan ketika semua sistem “berjalan” mereka akan merancang dan membangun fasilitas produksi. Yang lebih penting adalah ribuan perusahaan jasa rekayasa, banyak yang perusahaan besar. Bisnis dan manajemen pekerjaan adalah pilihan karir utama bagi insinyur mesin.

ü Tempat Kerja

Seorang teknik mesin bekerja di berbagai pengaturan yang berbeda, masalahnya hanya pilihan dan perencanaan karir. Mereka hanya berbeda dalam jenis tempat kerja, masalah yang akan dipecahkan, dan jadwal kerja. Beberapa insinyur mesin bekerja di pusat-pusat desain dan fasilitas kantor pusat perusahaan berteknologi tinggi, beberapa lebih suka bekerja di lapangan, dan beberapa melakukan perjalanan ke luar negeri untuk melayani klien dan untuk mengembangkan pasar baru untuk produk dan layanan. Keuntungannya adalah anda tidak menghabiskan waktu luang anda di tempat kerja.

ü Lab / Lapangan Kerja

Seorang insinyur mesin memiliki awal karir yang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu melakukan pengujian laboratorium dan lapangan kerja daripada rekan-rekan mereka yang lebih berpengalaman. Kemajuan dalam teknologi simulasi komputer telah secara dramatis mempengaruhi jenis dan sifat pengujian fisik yang dilakukan. Data yang dikumpulkan selama tes produk dan proses tidak hanya dilakukan sebagai ukuran kontrol kualitas produksi, tetapi sering memiliki penggunaan yang sangat penting untuk menyediakan informasi yang digunakan untuk memperbaiki alat desain komputer yang digunakan untuk mensimulasikan hal yang lebih jauh di dunia nyata.

ü Persiapan Proposal

75 % dari lulusan dengan 5 atau 10 tahun pengalaman menghabiskan dari 10 % sampai 30% dari waktu mereka bekerja pada bidang proposal. Mahasiswa harus mencari peluang dalam kurikulum untuk mengembangkan keterampilan ini melalui kursus dan proyek.

ü Rekayasa Global

Dalam ekonomi global banyak perusahaan bersaing untuk bisnis di luar negeri, memiliki operasi multinasional, dan bekerja melalui mitra di luar negeri. Realisasi produk sering dalam pengusahaan internasional, di mana sebuah perusahaan manufaktur bisa merancang produk di AS, memodifikasi untuk perakitan di Eropa, menggunakan kontraktor luar negeri dan pemasok, atau membuat dan menjalankan sebuah pabrik di Jerman. Bahkan jika Anda tidak bekerja di luar negeri, sangat mungkin bahwa Anda suatu hari nanti akan berhadapan dengan klien internasional. Kemampuan bahasa bisa menjadi item pada daftar “belajar sepanjang hayat” tujuan. Sejumlah sekolah teknik AS berpartisipasi dalam program pertukaran dengan universitas di Amerika, Eropa, Asia, Afrika dan sekitarnya. Dan yang berpartisipasi dalam program ini menemukan bahwa kemampuan bahasa dan pengalaman internasional membedakan mereka dari lulusan teknik lain dan calon karyawan. Kemudian, insinyur dengan latar belakang ini memiliki pilihan yang lebih luas tugas.

ü Keragaman

Seorang teknik mesin terus melakukan diversifikasi dalam hal jenis kelamin, etnis, dan asal-usul negara mahasiswa dan lulusan mana memasuki pekerjaan. Teknik mesin menawarkan peluang bagus bagi perempuan dan siswa minoritas yang menginginkan karir abad ke-21 yang menantang, progresif, fleksibel, dan bergaji baik.

ü
Profesionalisme

Etika dan Tanggung Jawab Profesional adalah standar atau aturan yang mengatur perilaku anda dalam situasi tertentu. Itu tidak berarti bahwa aturan dapat berubah dengan setiap situasi yang ada. Salah satu indikasi dari suatu profesi adalah adanya kode etik dan rasa yang jelas dari tanggung jawab profesional. Untuk insinyur, sebuah ‘situasi’ dimana etika harus memilih antara melakukan apa yang terbaik bagi pelanggan atau masyarakat, atau melakukan apapun yang terbaik untuk anda dan mereka mungkin tidak sama. Ini bisa menjadi situasi di mana anda telah menggunakan ide-ide orang lain. Anda telah memberi mereka kredit atau kompensasi? Atau bisa menjadi pertanyaan yang memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan tertentu. Beragam situasi sering muncul dalam hal mendesain, pengembangan, dan pembuatan produk. Inilah sebabnya mengapa pertanyaan akan etika, keselamatan dan kesehatan, dan kehandalan yang dibangun ke dalam proyek desain yang akan anda lakukan sebagai mahasiswa teknik mesin.

Sumber: https://dosenpendidikan.co.id/