KECAKAPAN TAMBAHAN

      Setiap ahli geologi harus dapat berenang, sekalipun berpakaian lapangan lengkap. Kita mungkin perlu menyebrang sungai atau mempelajari singkapan yang terletak di wilayah pantai. Jika dapat berenang, kita kemungkinan besar tidak akan panik sewaktu tergelincir ke dalam sungai, kolam, atau laut. Wilayah perairan dalam kenyataannya tidak setenang dan seindah seperti yang terlukis dalam puisi. Kecelakaan yang berkaitan dengan wilayah perairan tidak jarang terjadi.

Para ahli geologi hendaknya juga dapat mengemudi kendaraan. Dalam kehidupan profesional, seorang ahli geologi kadang-kadang dituntut mampu menunggang kuda, keledai, bahkan sapi dan kerbau. Seorang ahli geologi tidak jarang akan dapat menghemat tenaga apabila bisa menunggangi binatang seperti itu. Keledai secara khusus ternyata pintar memanjat wilayah bebatuan yang relatif curam.

 

1.5  BEBERAPA PATAH KATA PENTING

Beberapa minggu pertama setelah bekerja di lapangan, hampir setiap proyek pemetaan dapat menimbulkan depresi kepada orang yang melaksanakannya, terutama apabila kita harus bekerja sendirian di daerah yang relatif terpencil. Pada waktu itu, berapapun banyaknya waktu yang Anda gunakan untuk bekerja di lapangan, hasilnya selalu tampak tidak berarti sewaktu dilihat dalam peta. Pada waktu itu, peta yang ada di tangan Anda hanya terlihat disusun oleh fragmen-fragmen informasi yang tidak saling berhubungan serta tidak terlihat sebagai sebuah embrio yang baik untuk sebuah peta geologi. Jangan kecil hati. Hal itu biasa terjadi. Tidak lama lagi peta di tangan Anda akan bermetamorfosis dan memperlihatkan karakternya.

Beberapa hari terakhir dalam proyek pemetaan juga tidak jarang menimbulkan rasa frustrasi karena apapun yang Anda lakukan, hampir setiap kali itu pula Anda menemukan bahwa ada sesuatu yang belum termasukkan ke dalam peta tersebut. Jika hal itu terjadi, periksa apakah semua informasi esensil telah diperoleh, kemudian bekerjalah sebagaimana biasa hingga hari terakhir tiba. Kalau tidak bekerja seperti itu, peta di tangan Anda tidak akan pernah selesai.

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/