Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan

Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan

Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan

Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan
Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan

Pengertian kebutuhan, memiliki arti luas

Dengan macam-macam kebutuhan serta contoh masing-masing. Begitulah kita, manusia. Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan dapat berupa makanan seperti beras, dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian seperti baju, celana dan kaos kaki, dan juga berupa jasa seperti nonton ke bioskop, naik bus dan bantuan dokter serta bantuan hukum seperti pengacara. Kebutuhan menurut beberapa para ahli mengatakan bahwa Pengertian Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Beragamnya barang dan jasa yang dibutuhkan manusia membuktikan bahwa kebutuhan manusia beragam juga. Pengertian Kebutuhan Secara umum adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, pengertian kebutuhan adalah segala sesuatuyang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupunya dalam rangka mencapai kemakmuran.

Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan

Kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua yang  kebutuhan manusia, akan menjadikan kelangsungan hidup manusia yang sejahtera. Dari uraian diatas dapat disimbulkan bahwa kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan. Yang haus ingin minum dan yang sakit ingin sembuh serta yang bodoh ingin menjadi pintar. Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan yang ingin dipenuhi dalam diri manusia.
Kebutuhan timbul karena adanya tuntutan fisik dan psikis agar dapat hidup layak sebagai manusia, sehingga kebutuhan manusia menjadi sangat beraneka ragam dan sering tidak dapat dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan

Kebutuhan manusia terus meningkat dan berubah karena disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Sifat Alami Manusia.
  2. Tingkat pendapatan.
  3. Tingkat pendidikan.
  4. Kemajuan Teknologi Informas.i
  5. Agama dan Kepercayaan.
  6. Jumlah Penduduk.
  7. Iklan atau promosi produk.

Macam-macam Kebutuhan:

Menurut Intensitasnya atau kepentingannya:

  1. Kebutuhan Primer
  2. Kebutuhan Sekunder
  3. Kebutuhan Mewah/ Tersier
  4. Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/jaring-jaring-kubus/