Jadi Dewa Support di DOTA 2

Jadi Dewa Support di DOTA 2

Jadi Dewa Support di DOTA 2

Jadi Dewa Support di DOTA 2
Jadi Dewa Support di DOTA 2

Untuk memenangkan setiap permainan DOTA 2

Konfigurasi peran dalam sebuah tim harus tepat. Selain pembagian komposisi peran yang pas, setiap Hero dengan peran tersebut juga harus mampu menjalankan perannya dengan apik dan konsisten agar mampu berkontribusi untuk kemenangan tim.

Salah satu peran yang kerap dianggap sepele adalah Hero Support. Sering dipandang sebelah mata, nyatanya memainkan peran support di DOTA 2 tidaklah mudah, terutama jika Hero merupakan Hero “Hard Support”.

Yuk, simak tips dan trik menggunakan Hero Support di DOTA 2 untuk menjadikanmu Dewa Support di DOTA 2!

Tips Jadi Hero Support DOTA 2 Terbaik

1. Jeli Memantau Map
Tips Jadi Hero Support DOTA 2
Sumber Gambar: Liquipedia
Sebagai hero Support, kemampuan “Map Reading”-mu akan sangat dibutuhkan. Hero Support harus mampu mengetahui gerak-gerik musuh di minimap karena Hero Carry akan lebih fokus untuk farming.

Untuk mempelajari kemampuan ini, mulailah dengan mengikuti tempat-tempat umumnya orang memasang ward, dimana di titik-titik itulah umumnya musuh bisa saja muncul. Sebaliknya, pastikan juga ward milik musuh tidak mampu mengintip gerak-gerik tim kamu.

2. Kuasai Teknik Creep Pulling dan Creep Stacking
Tips Jadi Hero Support DOTA 2
Sumber Gambar: Liquipedia
“Creep Pulling” adalah teknik menarik creep hutan untuk berhadapan dengan creep milikmu di lane ataupun untuk membantu hero carry melakukan farming. Pada dasarnya teknik pulling akan membantu meningkatkan experience dan gold untuk siapapun yang berada di lane tersebut. Hindari “Creep Pulling” pada menit pertama karena hero carry biasanya tidak memiliki damage yang cukup untuk melakukan last hit di bawah tower.

Sedangkan “Creep Stacking” bisa diartikan sebagai kegiatan menumpuk neutral creep pada suatu camp di hutan. “Creep Stacking” membantu pemain mendapat gold & experience lebih banyak dan juga bisa mengakselerasi perolehan gold & experience untuk tim-mu!

3. Warding: Teknik Lain yang Harus Dikuasai Hero Support
Tips Jadi Hero Support DOTA 2
Sumber Gambar: Steam Community
Masih terkait dengan tips menjadi hero Support terbaik di DOTA 2 yang pertama, kemampuan untuk melakukan warding sangat diperlukan untuk membantu hero support menguasai gerak-gerik musuh.

“Warding” adalah penempatan “Observer Wards” pada titik-titik tertentu untuk menguasai pergerakan musuh. Hal ini membantu Hero lainnya mampu menjalankan peran mereka dengan lebih tenang dan tentunya aman.

Pasangnya “Observer Wards” pada titik-titik strategis yang juga sulit diketahui dan ditemukan oleh musuh.

4. Starting Item untuk Hero Support DOTA 2
Tips Jadi Hero Support DOTA 2
Sumber Gambar: Steam Support
Salah satu kesulitan memainkan Hero Support adalah keadaanya yang kerap “miskin” karena item yang dimiliki umumnya yang bersifat “support” untuk tim. Ketika game baru dimulai, umumnya item yang wajib dimiliki Hero Support adalah courier, observer/sentry wards, smoke of deceit, dan juga tango yang mungkin saja akan kamu bagikan kepada rekan dengan peran core seperti Mid ataupun Carry.

keyboard gaming

5. Early Laning & Ketahui Saat yang Pas untuk Ganking
Tips Jadi Hero Support DOTA 2
Sumber Gambar: DevianArt
Setelah miliki starting item , kini kamu harus mengetahui lane mana yang tepat untuk kamu mainkan. Jika lane yang kamu hadapi didominasi musuh dengan jumlah lebih banyak dan agresif, selalu jaga jarak untuk mampu bertahan. Meskipun berat, peran kamu disini sangat penting untuk membantu Hero Carry berkembang di lane lainnya.

Usahakan juga untuk selalu bunuh creep milikmu sendiri

(deny) untuk hambat berkembangnya Hero Musuh. Jangan bermain agresif dan fokuslah dengan menghambat musuh berkembang dan bantu rekan tim berkembang.

Namun, bukan berarti selamanya kamu harus menderita di lane yang mematikan. Jika Hero carry berada di lane yang aman dan kamu sudah tak berdaya, maka inilah saat yang tepat untuk pinda lane dan melakukan ganking dengan cara memindahkan hero support ke lane yang aman, dan memindahkan hero carry ke lane bersama hero offlaner.

Hal ini akan membantu memecah konsentrasi musuh dan mendapatkan kesempatan mengembangkan hero milikmu sendiri, namun disatu sisi cukup beresiko tinggi karena jika dilakukan disaat yang tidak tepat, hal ini justru akan membuatmu terbunuh dan memperlemah pertahanan tim.

Baca Juga :