Implikasi Disiplin Terhadap Pembelajaran

Implikasi Disiplin Terhadap Pembelajaran

Implikasi Disiplin Terhadap Pembelajaran

Implikasi Disiplin Terhadap Pembelajaran
Implikasi Disiplin Terhadap Pembelajaran

Upaya – upaya pengembangan disiplin dan kemungkinannya yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan (implementasi) disiplin dilapangan diantaranya adalah :

Melalui kegiatan ekstrakulikuler

karena pada dasarnya konsep pelaksanaan kegiatan ini adalah pendidikan luar sekolah (nonformal) karena dilakukan tidak seperti sekolah formal pada umumnya, tidak terbagi berdasarkan kelas (kelas A, B, C, atau D) dan tingkatan (tingkat I, II, III). Kegiatan ekstrakulikuler biasanya dilakukan secara rutin minimal seminggu sekali. Melalui kegiatan inilah fasilitator dapat mengajarkan disiplin pada peserta didik.

Mengembangkan pendidikan penyadaran.

Artinya peserta didik disadarkan tentang peranan, tugas, serta tanggung jawabnya sebagai pribadi yang harus menjalani kehidupannya. Dengan disiplin hidp akan jauh lebih teratur dan terarah.

Mengembangkan pemahaman

yang berkaitan dengan manfaat disiplin bagi kehidupan pribadi serta manfaatnya untuk orang lain.

Latihan pembiasaan.

Tidak perlu menggunakan kekerasan namun tetap tegas. Karena dengan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah.

Mengembangkan modeling atau contoh

tokoh (orang yang dapat dijadikan panutan), sehingga lebih memacu minat peserta didik/masyarakat untuk melaksanakan disiplin.

Fasilitator memahami dan menghargai

pribadi peserta didik (masyarakat) dan tidak perlu memaksakan kehendak kepada mereka.

Sosialisasi tentang pentingnya disiplin

serta manfaatnya bagi diri pribadi peserta didik/warga belajar dan orang yang disekita mereka

Melalui kegiatan pelatihan kepemimpinan.

Dengan terbiasa bertindak sebagai pemimpin maka seseorang itu akan selalu melaksanakan disiplin dan menerapkannya pada orang lain.

Melalui kegiatan yang dapat membangun karakter/kepribadian.

Membangun karakter/kepribadian dalam hal ini adalah dengan membangkitkan sikap percaya diri dalam diri sesorang agar lebih paham tentang dirinya sendiri. Ia diberikan penjelasan ataupu si fasilitator menggali dan mengungkap kelebihan ataupun semua potensi yang terdapat dalam diri peserta didik/warga belajar tersebut.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/09/sifat-wajib-dan-mustahil-bagi-nabi-dan-rasul-beserta-artinya.html