Graduasi Kompas

 

      Lingkaran graduasi kompas bermacam-macam. Ada dua tipe graduasi yang dapat dipilih:

 

  1. Graduasi tradisional (graduasi derajat). Dalam graduasi ini, lingkaran kompas dibagi ke dalam 360 bagian, dimana setiap bagian berharga 1o.

 

  1. Graduasi kontinental. Dalam graduasi ini, lingkaran kompas dibagi ke dalam 400 bagian, dimana setiap bagian itu berharga 1g (baca: “satu grad”).

 

Kedua tipe graduasi itu masih digunakan di daratan Eropa hingga sekarang.

 

      Jika kita memilih kompas dengan lingkaran graduasi tradisional, kita juga akan dihadapkan pada pilihan berikutnya, yakni menentukan apakah graduasi kompas itu ditampilkan dalam bentuk graduasi azimuth atau graduasi kuadran. Dalam graduasi azimuth, lingkaran kompas dinyatakan dengan harga derajat mulai dari 0 hingga 360. Dalam graduasi kuadran, kompas dibagi ke dalam empat kuadran, dimana harga derajat dalam setiap kuadran itu berkisar mulai dari 0 hingga 90. Penulis menyarankan digunakannya kompas dengan graduasi azimuth karena hasil pembacaannya dapat dinyatakan dengan simbol yang lebih ringkas serta membantu kita dalam menghindarkan terjadinya kekeliruan pembacaan arah. Beberapa nilai perbandingan antara nilai arah yang dinyatakan dalam “satuan” kuadran dengan “satuan” azimuth diperlihatkan pada tabel 2-1.