Doa Setelah Sholat Taubat

Doa Setelah Sholat Taubat

Doa Setelah Sholat Taubat
Doa Setelah Sholat Taubat

 

Setelah selesai melaksanakan sholat taubat, Perberbanyaklah dzikir dan istighfar kepada Allah SWT diikuti dengan rasa penyesalan atas dosa yang diperbuat sehingga tidak akan mengulangi dosa atau maksiat. berikut bacaan istighfar yang harus dibaca

“Astaghfirullahal’ azhiim. Al ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atubuu ilaih. Taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku linafsihi dharraw walaa naf’an walaa mautan walaa hayaatan wala nusyuuran.”
Artinya :
“Saya memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, Tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Saya bertaubat kepada-Nya, sebagaimana taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat sengsara atau berbuat yang bermanfaat, untuk hidup atau mati maupun bangkit nanti.”

Kemudian dilanjutkan dengan doa sebagai berikut ;

Doa Sholat Taubat

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِى التَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فِي اْلاُمُوْرِ كُلِّهَا وَ حُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Baca Juga: Doa sebelum belajar 

Terjemahan Doa Sholat Taubat

“Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq (pertolongan) nya orang-orang yang mendapatkan hidayah (petunjuk),dan perbuatannya ahli ataubat, dan cita-cita ahli sabar, dan kesungguhan ahli taqwa, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya ahli yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya ahli ‘ilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, hingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

Setelah melaksanakan sholat taubat hendaklah tidak mengulangi dosa dan maksiat yang telah dilakukan dan membiasakan dengan amal-amal kebaikan seperti sedekah, membaca Al-Qur’an, dan Amal kebaikan lainnya yang di cintai oleh Allah SWT. karena amal kebaikan seperti sedekah dapat menghapus sebagian kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat seperti yang tercantum dalam QS Al-Baqarah 2:271.

Nah sahabatku cahaya islam, Demikian artikel sederhana tentang Tata cara sholat taubat beserta doa sholat taubat. semoga kita menjadi hamba Allah SWT yang selalu mensucikan diri dari perbuatan dosa. Billahitawfik walhidayah , Wassalamu’alaikum wrb.