Ruang tamu merupakan area yang sering digunakan untuk merepresentasikan tampilan rumah secara keseluruhan. Tak hanya itu, ruang tamu juga bisa menggambarkan karakter dan kepribadian pemilik hunian. Sebagai satu-satunya ruang publik di dalam rumah, dibutuhkan desain dan ide desain yang unik dan menarik agar ruang tamu terasa lebih hangat.

Jika Anda menyukai beberapa gaya dan bingung tentang gaya mana yang harus dipilih dan digunakan, kompromi bisa menjadi solusinya.

Electic adalah gaya yang menggabungkan beberapa gaya desain. Anda dapat dengan bebas memilih gaya desain interior yang Anda suka dan menggabungkannya menjadi satu. Dengan memadukan gaya favorit untuk mengekspresikan gaya favorit, seperti gaya klasik, modern, atau tradisional, Anda akan mendapatkan gaya interior yang benar-benar mewakili kepribadian Anda.

Dengan gaya eklektik, elemen desain arsitektur dan interior dapat menutupi banyak hal. Misalnya, struktur arsitektur, furnitur, pola, dekorasi, ornamen, dibuat dengan pola tradisional bahkan gaya negara lain.

Pilihan warna eklektik untuk ruang tamu

Saat mendesain gaya eklektik dalam sebuah ruangan, satu warna harus dipilih sebagai warna yang seragam. Warna seragam merupakan warna yang dapat mengkoordinasikan tampilan keseluruhan ruang tamu bergaya eklektik. Misalnya, jika ingin menyampaikan suasana yang akrab dan hangat, Anda bisa mencoba teal.

Biru kehijauan merupakan warna yang mampu menghasilkan keunikan. Selain itu, warna biru dan hijau juga bisa dipadukan dengan gaya klasik Amerika pada panel dinding dan lemari pakaian. Sebagai penawar warna ini, coba tambahkan warna putih pada dinding dan plafon.

Anda juga bisa menggunakan warna berbeda pada bantal dekoratif, seperti pola kuning dan sulur. Tentunya saat menggunakan tema klasik (garis putus-putus), Anda harus berani dan tentunya menggunakan warna yang senada.

Desain ruang tamu bergaya eklektik; fokus

Focal point adalah area spesifik di ruang tamu yang pertama kali menarik perhatian orang, seperti lukisan, foto, atau dekorasi. Fokus ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk ukuran, deskripsi, warna, dan komponen. Misalnya pada lukisan, komponen-komponen yang terdapat pada lukisan dapat diatur sedemikian rupa sehingga mengarahkan mata pada suatu titik tertentu.

Saat menata sebuah ruangan, Anda harus memperhatikan focal point yang menunjukkan efek mencolok atau eye-catching. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa berperan dalam berbagai faktor, seperti aksen pada dinding dan benda dekoratif lainnya.

Furnitur ruang tamu eklektik

Saat memilih furnitur yang tepat untuk ruang tamu bergaya eklektik, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Selain harus memperhatikan kenyamanan, kenyamanan furnitur dan desain interior juga menjadi kriteria utama gaya eklektik.

Tidak hanya terlihat cantik, tetapi semua yang ada di ruangan itu harus fungsional dan praktis. Oleh karena itu, gaya dekorasi interior dapat menggunakan banyak furnitur antik dan modern pada saat bersamaan, dan dapat saling melengkapi. Anda bisa menempatkan lemari antik dengan lemari built-in modern, meja kaca sederhana atau kursi klasik berhias sulaman emas berdampingan.

Untuk material, gunakan elemen kayu sebagai penetral antara detail klasik dan gaya industrial yang sering digunakan dengan material besi. Furnitur yang terbuat dari bahan kayu merupakan salah satu alat yang bisa Anda gunakan sebagai dekorasi ruang tamu bergaya eklektik.

Sofa berbahan satin, velvet dan corduroy serta furniture antik dan modern dapat dipadukan membentuk tampilan yang unik dan unik.

Asesoris dan dekorasi yang serasi

Mode # 1

Fitur pola gaya eklektik adalah pola geometris yang muncul pada furnitur dan wallpaper. Anda dapat menampilkan pola zigzag, vertikal, garis horizontal atau lingkaran.

#Lantai 2

Parket, laminasi, kayu solid atau ubin keramik bisa menjadi bahan yang disukai untuk lantai. Sebagai pelengkap, Anda bisa menggunakan karpet bermotif tertentu untuk menghiasi lantai.

Desain keren lainnya: Jasa Arsitek Lampung

# 3 pencahayaan

Untuk penerangan, harap gunakan lampu kristal, lampu gantung dengan lampu bergaya urban modern. Sesuaikan bentuk lampu yang dipilih sesuai dengan kondisi ruang tamu bergaya eklektik yang akan ditampilkan.