Introvert adalah sebutan untuk orang yang lebih menyukai kesepian dan kesulitan menikmati keramaian. Karena suka menyendiri, banyak orang yang menganggap introvert adalah anggota keluarga, padahal tidak sepenuhnya benar. Mereka hanya membutuhkan tempat yang aman, nyaman dan tenang untuk berpikir. Terutama setelah menghadapi ketidaknyamanan kebisingan lingkungan.

Dilihat dari fakta yang dikutip pada laman “Huffington Post”, fakta menunjukkan bahwa ruangan yang semrawut dan didesain dengan buruk, terutama yang memiliki sudut tajam, terkait dengan bad mood. Oleh karena itu, untuk menciptakan area yang nyaman di dalam rumah, khususnya bagi yang introvert, Anda membutuhkan desain interior yang benar-benar sempurna. Secara khusus, perhatikan karakter dan kepribadian penghuninya.

Jika Anda salah satu dari mereka yang introvert, maka perlu juga belajar mengembangkan kebiasaan merawat rumah dengan cinta. Bersikaplah tepat dan bijak saat menempatkan barang dan cara membelanjakannya di rumah.

Tips dekorasi rumah berikut ini bisa Anda manfaatkan sebagai panduan bagaimana menciptakan suasana kekeluargaan yang tenang dan menyenangkan.

Cari ketenangan

Suara dari peralatan dan mesin rumah tangga di rumah biasanya menghasilkan suara yang keras sehingga membuat Anda tidak nyaman. Mengganti peralatan lama dengan peralatan yang baru dirancang akan mengurangi suara. Selain itu, ini menghemat lebih banyak energi.

Anda benar-benar tidak bisa menghindari hiruk pikuk tetangga atau hiruk pikuk dunia luar. Atasi dengan membuat ruangan kedap suara agar tetap bisa betah. Pasang strip cuaca di sekitar pintu atau karpet untuk menyerap suara.

Ciptakan ruang yang nyaman

Biasanya introvert merasa risih dengan ruang yang terlalu mencolok. Bahkan, mereka kerap betah berada di ruangan yang setengah kosong. Ruang berperabotan sederhana membuat mereka merasa nyaman dan tenang.

Dalam dunia dekorasi rumah, ketenangan dan ketidakberartian sering kali hidup berdampingan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki furnitur dan dekorasi yang dapat menghadirkan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda.

Ada banyak sudut tajam dan tajam di dalam ruangan, yang telah terbukti terkait erat dengan emosi negatif. Sudut yang terlalu tajam tidak dapat mengaktifkan saraf amigdala secara dalam, yang merupakan pusat reaksi untuk menentukan rasa takut. Kebingungan bisa meningkatkan hormon stres, kadar kortisol, dan membuat pikiran bekerja lebih keras dari biasanya.

Introvert merasa nyaman untuk tumbuh dan tumbuh di ruang yang lebih lembut. Strategi utamanya adalah membersihkan permukaan dan mengurangi ruang yang padat.

Tempatkan furnitur dan aksesori

Introvert akan merasa nyaman di ruang tempat furnitur diletakkan di sudut. Mereka merasa tidak nyaman dengan banyaknya furnitur di sekitarnya. Ini membuatnya kesal karena rasanya seperti pertemuan sosial yang besar.

Orang introvert lebih menyukai interaksi intim daripada banyak orang. Karena itu, buatlah ruang tamu yang hanya bisa diisi oleh beberapa orang saja. Letakkan beberapa kursi atau sofa agar satu atau dua orang bisa berbicara lebih akrab.

Penempatan asesoris juga perlu diperhatikan. Anda bisa menempatkan lukisan, poster, tumpukan buku, mainan, dan tanaman hias. Letakkan aksesoris tersebut di kamar, dapur, ruang makan atau ruang keluarga Anda.

Desain keren lainnya: Jasa Arsitek Lampung

Ciptakan area khusus

Introvert suka bermeditasi, membaca buku, dan melakukan aktivitas sendirian. Oleh karena itu, buatlah area khusus untuk “melarikan diri” agar Anda bisa beristirahat dan mengisi ulang tenaga. Area khusus ini dapat ditemukan di kamar, balkon, jendela, teras, halaman belakang atau area dan ruang lain yang dapat memberikan ketenangan.