Contoh Explanation Text Tentang Gerhana Bulan

Contoh teks eksplanasi gerhana bulan dalam bahasa inggris dan artinya

contoh-explanation-gerhana-bulan

Halo teman-teman IBI…

Explanatory text adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi (diproses), terutama yang berkaitan dengan fenomena alam, dunia ilmiah atau fenomena sosial budaya.

Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas teks eksplanasi tentang gerhana bulan atau yang namanya terkenal dengan gerhana bulan. Langsung saja kita simak berikut ini.

Gerhana bulan terjadi ketika bulan melewati umbra (bayangan) tepat di belakang bumi. Ini hanya dapat terjadi jika matahari, bumi dan bulan (dalam “syzygy”) tepat atau sangat tepat sejajar dengan bumi di tengah. Oleh karena itu, gerhana bulan hanya dapat terjadi pada malam bulan purnama. Jenis dan panjang gerhana matahari tergantung pada posisi bulan relatif terhadap simpul orbitnya.

Selama gerhana bulan total, sinar matahari langsung terhalang sepenuhnya oleh bayangan bumi. Satu-satunya cahaya tampak dibiaskan melalui bayangan bumi. Cahaya ini terlihat merah karena alasan yang sama seperti matahari terbenam terlihat merah karena hamburan Rayleigh dari cahaya yang lebih biru. Karena warnanya yang kemerahan, gerhana bulan total terkadang disebut sebagai blood moon.

Berbeda dengan gerhana matahari yang hanya dapat diamati dari area tertentu yang relatif kecil di bumi, gerhana bulan dapat diamati dari mana saja di sisi malam bumi. Gerhana bulan berlangsung beberapa jam, sedangkan gerhana matahari total di lokasi tertentu hanya berlangsung beberapa menit karena ukuran bayangan bulan yang lebih kecil. Juga berbeda dengan gerhana matahari, gerhana bulan aman untuk dilihat tanpa pelindung mata atau tindakan pencegahan khusus, karena lebih gelap dari bulan purnama.

READ  Percakapan Menolak Bantuan atau Pemberian

terjemahan

gerhana bulan
Gerhana bulan terjadi ketika bulan melewati umbra (bayangan) tepat di belakang bumi. Ini hanya dapat terjadi jika matahari, bumi dan bulan (dalam “syzygy”) tepat atau sangat tepat sejajar dengan bumi di tengahnya. Oleh karena itu, gerhana bulan hanya bisa terjadi pada malam penuh. Jenis dan panjang gerhana matahari tergantung pada lokasi simpul orbit bulan.
Selama gerhana bulan total, sinar matahari langsung terhalang sepenuhnya oleh bayangan bumi. Lihat hanya cahaya yang menembus bayang-bayang bumi. Cahaya ini terlihat merah karena alasan yang sama seperti matahari terbenam terlihat merah, karena hamburan cahaya Rayleigh lebih biru. Karena warnanya yang kemerahan, gerhana bulan total terkadang disebut sebagai blood moon.
Berbeda dengan gerhana matahari yang hanya bisa dilihat dari area bumi yang relatif kecil, gerhana bulan bisa dilihat dari mana saja di sisi malam bumi. Gerhana bulan berlangsung beberapa jam, sedangkan gerhana matahari total hanya berlangsung beberapa menit pada waktu tertentu karena ukuran bayangan bulan yang lebih kecil. Juga berbeda dengan gerhana matahari, gerhana bulan dapat dilihat dengan aman tanpa pelindung mata atau tindakan pencegahan khusus, karena bulan purnama lebih gelap.
Demikian yang dapat IBI ajarkan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dijadikan bahan pembelajaran bagi sahabat IBI semua.

Sumber :