Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara cek data BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara download dan install aplikasi BPJSTKU untuk cek saldo
Cara Cek Catatan BPJS Ketenagakerjaan

Pertama, buka aplikasi Google Play Store untuk mendapatkan BPJSTKU. Aplikasi ini hanya kompatibel dengan ponsel Android dari versi 5.0 atau lebih tinggi.

Begitu juga untuk pengguna iPhone atau iPod yang membutuhkan minimal iOS versi 11.2 atau versi terbaru agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik.

Jadi pastikan perangkat yang Anda gunakan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pengembang, yaitu bukan BPJS itu sendiri.

Juga, pastikan ada cukup ruang disk untuk mengunduh dan mengunduh file APK yang ukurannya sekitar 48MB. Setelah selesai instalasi, Anda dapat langsung menjalankan aplikasi BPJSTKU untuk menggunakannya.
Cara membuat akun BPJSTKU untuk cek saldo

Jalankan aplikasi BPJSTKU dan klik menu registrasi untuk membuat akun baru yang nantinya bisa cek saldo. Gunakan email aktif untuk mendaftar lalu konfirmasi dengan membuka pesan masuk dari email Anda.

Salin kode tersebut ke dalam aplikasi BPJSTKU dan klik “Konfirmasi”. Jika demikian, Anda dapat memilih sebagai karyawan bergaji atau tidak bergaji.

Isi dengan benar semua data pendaftaran yang diminta oleh aplikasi ini. Contohnya adalah nama lengkap Anda, NIK KTP dan data pribadi lainnya.

Masukkan juga nomor BPJS ketenagakerjaan yang tertera di kartu Anda dan nomor ponsel yang aktif. Dalam hal ini, Anda akan menerima SMS dari server BPJSTKU yang berisi kode yang perlu Anda salin ke dalam aplikasi sebagai konfirmasi pendaftaran.

READ  Cara Menanam Kacang Tanah

Baru pada tahap inilah akun BPJSTKU Anda aktif dan dapat digunakan untuk melihat cek saldo.
Cara Cek Catatan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Langkah pertama adalah login ke aplikasi BPJSTKU menggunakan akun yang Anda buat tadi. Setelah login Anda akan melihat banyak pilihan menu, cari View Balance dan tap pada menu tersebut.

Saldo akan langsung ditampilkan di layar ponsel Anda beserta detailnya.
Manfaat menggunakan aplikasi BPJSTKU

Aplikasi BPJS serba guna ini tentunya memiliki banyak kelebihan jika terus disimpan di smartphone.

Tentu saja, keuntungan pertama adalah Anda dapat memeriksa saldo kapan saja dengan mengandalkan koneksi internet dan ponsel. Kemudian keunggulan kedua dari aplikasi BPJSTKU adalah dapat melakukan pembayaran secara online dan memastikan status terkini.

Dengan cara ini Anda tidak perlu bolak-balik ke kantor BPJS ketenagakerjaan seperti dulu. Anda juga dapat menggunakan fitur aplikasi ini untuk memeriksa informasi terbaru.

Fitur yang ada juga memungkinkan pengguna menjalankan simulasi untuk mengetahui besaran yang akan diterima dari program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Kegunaan aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai pemantau reguler sehingga Anda dapat mengetahui informasi terbaru dan status keanggotaan Anda.
Cara Tarik Kredit BPJS Ketenagakerjaan dari Aplikasi BPJSTKU

Setiap peserta tentunya dapat mengklaim pembayaran kredit BPJS Ketenagakerjaan jika memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Anda dapat mengklaim kredit jaminan hari tua jika Anda berusia 56 tahun atau lebih dan ingin pensiun. Selain itu, mungkin juga ada alasan untuk memutuskan hubungan kerja atau karena ingin memutuskannya.

Anda tidak perlu repot menuju cabang yang penuh dengan antrian yang ramai. Apalagi sekarang ada pandemi yang masih belum jelas ujungnya.

READ  7 Game Puzzle & Teka-Teki Terbaik di Android yang Mampu

Untungnya, kini ada aplikasi BPJSTKU yang memungkinkan Anda menarik dana tanpa perlu kontak pribadi.

Sumber :